Sukses

Parenting

Dampak Positif dan Persiapan Biaya Kuliah Anak di Luar Negeri

Ladies, satu hal yang paling memusingkan orangtua selain masalah keamanan anak adalah pemilihan sekolah. Sebab, kita harus memutuskan sekolah yang terpilih berdasarkan banyak hal.  Mulai dari nilai si anak, jarak tempuh, hingga besarnya biaya ---ini yang paling bikin pusing.
 
Urusan ini sama ketika kamu memutuskan ingin mengirimkan anak bersekolah di luar negeri. Dikatakan psikolog Elizabeth Santosa, belajar di luar negeri punya beberapa keuntungan buat anak.
 
Manfaat Kuliah di Luar Negeri
 
"Anak akan belajar adaptasi, belajar mandiri dan ngga selalu dibantu orangtua. Selain itu anak akan belajar mencari solusi kreatif dan belajar budaya luar yang beda dengan Indonesia dan toleransi," kata Elizabeth yang juga Komisioner Komnas Anak pada vemale.com.
 
Untuk negara tujuan sendiri, ternyata Australia, merupakan salah satu dari tiga destinasi belajar terfavorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya. Australia merupakan salah satu dari tiga destinasi belajar terfavorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya.
 
Berdasarkan data dari Kedutaan Besar Australia di Indonesia, sepanjang tahun 2015, lebih dari 19.300 siswa Indonesia belajar di Australia. Jumlah ini naik sekitar 7,9 persen dibanding tahun 2014. Selain itu, sepanjang tahun 2016, Kedutaan Besar Australia di Indonesia juga telah menyetujui 95 persen permohonan visa belajar bagi pelajar Indonesia.
 
Persiapan Biaya 
 
Dikatakan Matthew Duckworth, Konselor Bidang Ekonomi Kedutaan Besar Australia di Indonesia, salah satu alasan negaranya digemari adalah faktor biaya. Ya, dibanding biaya ke negara Barat lain, Australia termasuk dalam jangkauan kantung Indonesia.
 
"Berdasarkan survei yang dilakukan Pemerintah Australia, 90,5 persen pelajar Indonesia di Australia mengaku puas dengan pengalaman belajar dan hidup di Australia," ujar Duckworth dalam konferensi pers AusStudent Study Package di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (12/1).
 
Foto: copyright vemale.com
 
"Selain itu, biaya hidup di Australia juga tidak sebesar kota-kota besar lain di dunia, seperti London, Tokyo, Singapura dan New York," tambahnya.
 
Khusus untuk biaya sendiri, sudah ada fasilitas yang bisa membantu meringankan beban itu. Yakni dalam wujud AusStudent Study Package. Program dari Commonwealth Bank ini memberikan solusi layanan keuangan yang dapat mempermudah persiapan studi di Australia.
 
Rustini Dewi, Director of Retail Banking Commonwealth Bank, mengatakan, “Dengan AusStudent Study Package, akses transaksi keuangan antara orangtua di Indonesia dan anak di Australia akan lebih mudah.” Tambahan keuntungan lainnya adalah para pelajar pun tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar atau travel cheque untuk keperluan selama di luar negeri.
 
Persiapan dan Tameng Pergaulan Negatif
 
Namun demikian, kamu sebagai orangtua juga harus awas kepada kerugian melepas anak tanpa pengawasan ke luar negeri. Dikatakan Elizabeth bahwa anak bisa terjerumus pergaulan negatif.
 
"Kalau tidak ada motivasi dan manajemen disiplin nanti sekolah juga nggak baik hasilnya. Perlu self motivation and self dicipline," tandas Elizabeth.
 
Oke Ladies, melihat untung-ruginya belajar di luar negeri macam ini, tinggal kamu sebagai orangtua memutuskan mana yang tepat. Apapun hasilnya kami doakan yang terbaik untuk pendidikan anak. 
 
(vem/zzu/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading