Sukses

Parenting

Penting! Ini Hal Yang Perlu Kamu Tahu Jika Hamil Di Usia 40an

Mungkin kamu telat menikah, dan harus hamil di usia 30an tahun. Ini adalah usia maksimal produktif untuk wanita bisa hamil. Ketika kamu ingin hamil lagi, usia sudah memasuki 40 tahun. Meski memang jarang wanita hamil di usia ini, bukan berarti kamu tak bisa hamil.

Di rentang usia 40 tahun inilah jadi kesempatan terakhir kamu bisa hamil, namun kamu juga perlu ekstra menjaga kesehatan karena usia 40an tahun juga jadi masa wanita mendekati menopause. Ini yang perlu kamu tahu jika hamil di usia 40an tahun.

Berapa besar kesempatan hamil di usia ini?

Ini tergantung seberapa tua usiamu, jika awal 40an (40-44 tahun) maka kesempatanmu sekitar 20% jika dihitung secara umum. Memasuki pertengahan 40an tahun 945 tahun ke atas) potensi hamil akan menurun jadi 15% saja. Karena tubuh akan secara alami mengalami penurunan tingkat kesuburan dan pengurangan sel telur.

Bahkan risiko keguguran juga semakin besar karena hormon tubuh berubah disertai perubahan struktur kromosom pada sel telur yang tidak sesehat dan sebagus dulu.

Jika menjalani terapi kesuburan, kemungkinan hamil bisa lebih besar. Dari rasio 1:10, kemungkinan hamil bisa meningkat jadi 1:5 jika usiamu di awal 40an tahun. Kesempatan akan menurun seiring bertambahnya umur, namun masih lebih besar kesempatan hamil dibanding jika kamu tidak menjalani treatment kesuburan.

Apa risikonya hamil di usia 40 tahun?

Risiko yang kamu hadapi tentu lebih besar dibanding wanita dengan usia muda, secara umum dua kali lipat lebih besar dibanding usia 20an tahun. Kamu lebih berisiko mengalami keguguran, gestational diabetes, preeklamsia, hipertensi, masalah plasenta pada bayi, bayi sungsang, operasi caesar, bayi lahir dengan berat badan kurang dan bayi terlahir prematur.

Karena kromosom sel telur berubah, kemungkinan bayi lahir abnormal juga lebih besar seperti misalnya mengalami Down Syndrome dan lainnya. Oleh karena itu, ibu hamil di usia 40 tahun harus ekstra menjaga kesehatan dan memantau perkembangan bayi.

Penting sekali terus menjaga komunikasi dan konsultasi pada dokter kandungan dan gizi jika kamu ingin hamil di usia 40 tahun. Menjaga gaya hidup sehat juga akan membantu banyak meningkatkan kesempatan hamil di usia ini.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading