Sukses

Parenting

Kapan Sih, Sebaiknya Memperkenalkan Kacang Tanah Pada Anak?

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Karena manfaat kacang tanah yang begitu banyak inilah, para ahli kesehatan senantiasa menyarankan agar orang tua memperkenalkan kacang tanah kepada anak sejak kecil. Meski terkadang kacang tanah menyebabkan alergi, pemberian dan pengenalan kacang ini kepada anak saat kecil ini akan membantu anak melawan alergi terhadap kacang tersebut.

DikutipĀ  laman asiantown.net, idealnya orang tua memperkenalkan dan memberikan kacang tanah pada anak saat anak berusia 4 bulan. Ini dikatakan sebagai waktu paling ideal di mana tubuh anak bisa menyerap berbagai nutrisi yang ia makan. Selama ini, banyak orang tua menunggu hingga anak berusia 12 bulan lalu memberikan makanan yang berisiko pada anak termasuk kacang tanah. Ternyata kebiasaan ini tidak sepenuhnya dibenarkan. Anak setidaknya diperkenalkan dengan makanan berisiko utamanya kacang tanah saat ia masih berusia 4 bulan.

Dr Mattew Greenhawt, seorang dokter anak di Childern's Hospital di Aurora, Colorado mengungkapkan jika memperkenalkan anak pada makanan yang berisiko seperti kacang tanah dan telur sebaiknya dilakukan saat anak masih kecil yakni minimal usia 4 bulan. Hal ini dilakukan agar alergi yang bisa saja terjadi justru bisa dicegah dan dikurangi.

Dr Mattew mengatakan, "Orang tua sebaiknya memperkenalkan kacang tanah pada anak saat usia mereka 4 bulan. Perkenalan dan pemberian ini justru bisa mencegah alergi. Ini juga memungkinkan agar anak memiliki kesehatan yang lebih mengesankan, sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan kebugaran tubuh yang mengagumkan. Pemberian kacang tanah bisa dengan bentuk selai kacang. Selai kacang biasanya memiliki tekstur yang lembut. Jangan sekali-kali memberikan kacang tanah dalam bentuk yang kasar karena hal ini akan membuat anak tersedak."

Jika pun orang tua belum yakin memperkenalkan kacang atau makanan sejenis di usia anak yang masih 4 bulan, orang tua bisa melatih anak untuk mengenal makanan saat usianya 6 bulan. Dr Amal Assa, seorang dokter anak di Cincinnati Childern's Hospital Center di Ohio mengatakan, "Ketika orang tua tak yakin memperkenalkan makanan pada anak saat usia mereka masih 4 bulan, orang tua bisa mencobanya ketika anak telah berusia 6 bulan. Memperkenalkan anak pada makanan sejak ia masih dini akan membuatnya lebih kebal terhadap alergi. Ini juga akan membuatnya lebih bisa menerima segala makanan saat ia dewasa kelak."

Meski para ahli menyarankan agar anak diperkenalkan pada kacang sejak sedini mungkin, para ahli ini tetap menyarankan agar orang tua melakukan konsultasi kepada bidan atau dokter terdekat yang lebih mengetahui perkembangan serta pertumbuhan anak. Untuk memperkenalkan dan memberikan makanan pada anak sendiri ini juga masih perlu dibarengi dengan pemberian ASI. Para ahli mengungkapkan bahwa pemberian makanan pada bayi sebenarnya adalah sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI. Kalau pun anak sudah tak mau konsumsi ASI, orang tua bisa mengganti ASI dengan susu formula. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading