Sukses

Parenting

Kenali Cara Mengatasi & Mencegah Ruam Merah Bayi Karena Popok

Sebagai ibu, kamu memang harus banyak belajar dari pengalaman, salah satunya adalah belajar mengenali penyebab timbulnya ruam merah pada kulit bayi. Ruam kulit pasti akan menyebabkan bayi rewel dan menangis tak henti karena merasa sakit dan tidak nyaman.

Salah satu penyebabnya adalah popok. Hampir semua bayi dan balita mengalami ruam popok karena kulit bayi sangat lembut, tipis dan sensitif. Apalagi biasanya kulit bayi memakai popok yang basah, kotor dam lembab terlalu lama. Diare juga bisa memicu ruam merah sehingga bayi tidak nyaman.

  • Gejala yang bisa dilihat

Bayi kemungkinan sangat rewel, terutama ketika harus mengganti popok. Ruam merah kulit terkadang diikuti timbulnya bintik-bintik kecil seperti jerawat karena gatal. Jika pecah, bintil kecil ini bisa menyebar.

  • Cara mengatasinya

Gunakan air hangat atau semprot dengan air bersih untuk membersihkan bagian ruam kulit dan area tertutup popok. Lap dengan handuk lembut hingga benar-benar kering. Setelah itu kulit yang merah bisa ditaburi bedak salisilat atau bedak gatal agak tebal untuk menjaga kulit tetap kering. Hindari dulu memakai popok, gantinya pakaian kain saja.

  • Cara mencegahnya

Cara terbaik adalah mengganti popok yang dipakai, kemungkinan tidak cocok dengan kulit bayi, kecuali jika ruam hanya muncul karena bayi sedang diare. Pilih ukuran popok yang pas, jangan kekecilan. Lebih sering menjaga kebersihan bayi, ganti popok setiap kali ia pipis dan lap hingga bersih dan kering sebelum memakaikan popok baru. Lapisi juga dengan bedak agar tetap kering.

Itu dia cara menghadapi masalah ruam kulit bayi jika masalahnya adalah popok. Yuk lebih perhatian dengan kebersihan baby ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading