Sukses

Parenting

Sedang Program Hamil? Hindari Konsumsi Minuman Ringan & Bersoda

Bagi setiap wanita, hamil merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan dan mengesankan. Apalagi, jika kehamilan tersebut telah ditunggu dalam waktu yang cukup lama bersama pasangan atau suami. Bagi beberapa pasangan yang baru menikah, tidak jarang ia akan sangat mudah untuk hamil dan melahirkan buah hati yang menggemaskan dan lucu. Tapi, bagi beberapa pasangan lagi, nampaknya kehamilan adalah suatu hal yang sangat sulit didapatkan. Meski mendapatkan kehamilan sangat sulit, disarankan agar setiap pasangan tetap berusaha, sabar dan senantiasa berdoa agar hamil.

Tak hanya berusaha, bersabar dan berdoa, pasangan suami istri juga sangat disarankan untuk senantiasa konsumsi berbagai makanan sehat yang bisa menyuburkan kandungan. Keduanya juga sangat disarankan agar mau menghindari segala makanan serta minuman yang bisa memperburuk kesuburan. Untuk wanita sendiri, salah satu makanan dan minuman yang sangat perlu dihindari ketika ia ingin segera hamil adalah makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Dikutip dari laman asiantown.net, makanan serta minuman yang mengandung pemanis buatan terutama minuman ringan dan bersoda, hal ini menyebabkan sel telur di rahim lebih kering dan kurang subur. Para peneliti dari American Society of Reproductive Medicine, di Salt Lake City menyebutkan bahwa konsumsi minuman ringan yang mengandung pemanis buatan, pengawet dan bersoda mendorong pertumbuhan sel telur menurun. Hal ini juga akan berisiko membuat kandungan kurang subur.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap 524 wanita menemukan bahwa sel telur milik mereka yang sering konsumsi minuman ringan dimana minuman tersebut mengandung pemanis buatan, pengawet, perasa dan bersoda cenderung lebih kering dan kurang subur. Tak hanya konsumsi minuman ringan yang mengandung pemanis buatan yang juga membuat kandungan kurang subur. Lebih jauh, konsumsi minuman beralkohol, kopi dan teh dengan gula berlebih juga rentan membuat pertumbuhan serta kualitas sel telur di kandungan menurun.

Prof Adam Balen, ketua British Fertility Societymengatakan, "Penelitian ini sangat menarik. Pemanis buatan yang ditemukan pada makanan dan minuman memiliki efek signifikan pada kualitas kesuburan wanita. Ini juga mendorong seseorang mengalami obesitas dan sulitnya mendapatkan keturunan. Disarankan bagi setiap wanita yang ingin hamil untuk menghindari berbagai makanan serta minuman ringan yang mengandung pemanis buatan."

Sementara itu, Prof Richard Sharpe dari Group Leader of Male Reproductive Health Research Team, University of Edinburghmengatakan, "Pemanis buatan yang terdapat di minuman ringan dan bersoda akan memungkinkan seseorang mengalami obesitas. Biasanya, wanita dengan masalah obesitas akan mengalami masalah dengan kesuburan. Untuk itu, wanita disarankan agar mengurangi konsumsi minuman ringan dan bersoda yang tinggi pemanis buatan."

Atas temuan ini, semoga kita semua semakin berhati-hati dalam konsumsi makanan maupun minuman. Terlebih lagi, bagi kita yang saat ini sedang melakukan program hamil. Oh iya, selain menghindari konsumsi minuman ringan dan bersoda yang mengandung pemanis buatan, agar kandungan semakin subur dan sehat kita perlu menerapkan pola makan yang sehat, olahraga cukup, istirahat cukup dan sangat diwajibkan untuk tidak terlalu stres. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading