Sukses

Parenting

Rahim Abnormal dan Serviks Lemah, Penyebab Seringnya Keguguran

Setiap wanita hamil menghadapi rintangan atau risiko yang sama soal keguguran. Beberapa wanita mungkin punya kandungan yang kuat sehingga kecil kemungkinan keguguran. Tapi bahkan jika kamu punya kandungan kuat, faktor-faktor lain tubuhmu bisa membuka peluang besar mengalami keguguran, ladies.

Dikutip dari Parenting.com, Henry Lerner, profesor ginekologi sekaligus dokter kandungan Harvard Medical School mengatakan bahwa terkadang keguguran bisa terjadi karena alasan yang tak begitu jelas. Jika mengalami keguguran hingga 2-3 kali berturut-turut, ada kemungkinan masalah medis dan salah satunya disebabkan oleh bentuk rahim yang tak biasa dan serviks yang lemah.

Hal ini jadi salah satu alasan umum mengapa wanita sering mengalami keguguran. Bentuk rahim setiap wanita tak selalu sama, beberapa wanita terlahir dengan bentuk rahim atau uterus yang tak biasa atau "abnormal". Kondisi uterus seperti ini disebut juga uterine septum.

Dengan rahim seperti ini, keguguran terjadi karena embrio sulit berkembang atau justru tak bisa berkembang sama sekali sehingga tak bisa bertahan di dalam rahim. Menurut Bryan Cowan, dokter kandungan sekaligus ginekologi University of Missisippi Medical Center, kondisi rahim abnormal menjadi sebab 10% kebanyakan kasus keguguran.

Hal ini terkadang juga disertai lemahnya serviks pada wanita. Serviks yang tidak mumpuni atau lemah juga bisa berujung pada keguguran, karena serviks tak bisa menahan perkembangan janin saat bertambah besar. Hal ini sering terjadi di akhir trimester pertama masa kehamilan, ketika embrio sudah bisa berkembang dan membesar.

Apa yang bisa kamu lakukan? Menurut dokter Bryan Cowan, uterine septum bisa diperbaiki dengan operasi. Sedangkan untuk masalah serviks yang lemah, dokter kandungan bisa menyarankan agar kamu melakukan Cerclage atau memasukkan semacam cincin untuk menyangga serviks agar lebih kuat menahan janin yang berkembang.

Untuk penjelasan lebih lanjut, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan yang kamu percaya dan bagaimana jalan terbaik mengatasi masalah ini. Keguguran bisa terjadi pada siapa saja, oleh karena itu, setiap wanita hamil perlu hati-hati dan menjaga kesehatan secara optimal ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading