Sukses

Parenting

Bayi Baru Lahir Sering Tersedak, Ini Alasan & Cara Mengatasinya

Banyak ibu muda yang baru saja punya bayi pasti akan mengalami banyak pengalaman baru, dan setiap hal yang terjadi pada anak pasti akan membuat ibu muda khawatir, bahkan untuk hal kecil seperti misalnya tersedak.

Namun bayi kecil yang baru lahir memang sering tersedak. Hal ini wajar, karena pada saat masih dalam kandungan, bayi berada di dalam air, dan paru-paru bayi dipenuhi cairan, dan bahkan air itu masih tersisa ketika mereka lahir.

Umumnya, segera setelah kelahiran bayi, dokter akan menyedot cairan tersebut. ketika bayi terbatuk dan mengeluarkan lendir atau cairan, mereka cenderung akan menelannya lagi dan inilah yang seringkali menutup jalannya nafas dan membuat bayi tersedak.

Kemungkinan sering tersedak lebih besar untuk bayi dengan cara kelahiran operasi cesar karena tak ada tekanan yang membuat cairan keluar dari tubuh mereka. Namun Mom tak perlu khawatir, karena bayi akan beradaptasi sendiri dengan lingkungan baru.

copyright by Reader's Digest

Bagaimana menangani bayi yang tersedak? Angkat atau gendong bayi segera dan gosok dadanya, atau balik tubuhnya dan pijat punggungnya pelan untuk mengeluarkan atau meringankan gejala tersedak.

Jika bayi tersedak selama minum susu, mungkin posisinya yang tak sesuai atau ganti botol dot dengan yang lubangnya lebih kecil sehingga air susu tak keluar dengan deras sehingga menyebabkan bayi tersedak.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading