Sukses

Parenting

Waspada, Ladies! Ini 5 Gejala Umum Kemandulan

Setelah menikah, salah satu hal yang paling dinantikan adalah memiliki momongan. Kehadiran buah hati memang bisa menyempurnakan sebuah rumah tangga. Tapi kalau sudah lama menikah tapi belum juga dianugerahi momongan, hm... jangan-jangan kamu mandul.

Untuk mengetahui apakah kita mandul atau tidak memang sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter. Namun, secara umum ada lima gejala yang bisa dideteksi apakah seorang wanita mandul. Dilansir dari boldsky.com, berikut lima gejala umum kemandulan pada wanita. Coba cek, apakah kamu mengalami gejala-gejala ini?

    Sudah Berusaha Selama 6 Bulan Tapi Hasilnya Nihil

    Sudah menikah dan mencoba untuk bisa segera hamil tapi belum ada hasilnya juga selama enam bulan? Hal ini bisa jadi tanda kemandulan. Periode waktu enam bulan merupakan waktu ideal untuk konsepsi. Jadi kalau sudah berusaha hamil dalam waktu ini tapi belum ada hasil, segera periksakan diri ke dokter.

    Siklus Haid yang Selalu Telat atau Tak Teratur

    Kalau siklus haidmu sering telat atau tak teratur, ada kemungkinan kamu mandul. Sebaiknya segera periksakan diri untuk mengetahui apakah ada kemungkinan kamu mengalami Polycystic Ovarian Disease (PCOD).

    Darah Haid yang Keluar Banyak Sekali

    Kalau saat haid, darah yang keluar banyak sekali dan berlangsung selama lebih dari lima hari, ada kemungkinan kamu mandul. Apalagi jika saat haid disertai gejala-gejala sakit yang tak biasa, segera periksakan dirimu ke dokter.

    Nyeri Haid Tak Tertahankan

    Kalau setiap haid, kamu sering mengalami nyeri haid yang tak tertahankan dan berlangsung lebih dari dua hari, ada kemungkinan kamu mengidap endometriosis yang bisa mengarah pada kemandulan.

    Muncul Banyak Jerawat Batu Tiba-Tiba

    Kalau wajahmu tiba-tiba dipenuhi jerawat batu (cystic acne) meski usiamu sudah di akhir 20 atau awal 30 tahun, ada kemungkinan kamu mengidap Polycystic Ovarian Disease (PCOD) yang dapat mengarah pada infertilitas.

Nah, itu dia lima gejala umum kemandulan. Tetapi lebih baik memang segera menghubungi dokter dan menjalani pengecekan sesuai prosedur medis untuk mengetahui kepastiannya. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading