Sukses

Parenting

Studi: Makanan Ibu Selama Hamil Berpengaruh Pada Kesehatan Anak

Jika bunda saat ini sedang hamil atau mengandung, usahakan agar bunda selalu menjaga pola makan dengan baik dan memilih makanan yang sehat buat bunda maupun janin di dalam kandungan. Ketika seseorang yang sedang tidak hamil saja sangat disarankan dan dianjurkan untuk menjaga pola makan, bagi ibu hamil harus lebih menjaga pola makan bukan?

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, ibu disarankan menjaga pola makan saat hamil karena makanan ibu selama hamil akan sangat berpengaruh pada kesehatan anak. Baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan psikis.

Para ahli mengatakan jika makanan yang dimakan ibu hamil selama mengandung juga berpengaruh pada kesehatan serta tumbuh kembang janin. Makanan yang sehat dan baik buat kehamilan akan membuat janin tumbuh serta berkembang dengan baik. Sementara makanan yang tidak baik buat kehamilan seperti halnya minuman beralkohol, kafein dalam jumlah banyak, pemanis buatan, pewarna buatan dan soda bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin.

Alkohol dipercaya membuat berat badan janin tidak bertambah dengan baik. Sementara soda dan pemanis buatan akan membuat tubuh janin rentan mengalami obesitas baik saat ia masih bayi maupun saat ia sudah dewasa kelak.

Sebuah studi yang dilakukan di University of Minesota ditemukan bahwa ibu yang senantiasa menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan sebagian besar mendapatkan anak yang sehat dan jauh dari risiko penyakit berbahaya. Sementara untuk ibu yang makan dengan asal-asalan dan sering mengkonsumsi alkohol maupun minuman berkafein berlebih, obat terlarang dan makanan manis yang mengandung pemanis buatan rentan memiliki anak cacat fisik dan psikis, berat badan anak kurang hingga bayi lahir prematur.

Dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology bahkan menyebutkan bahwa tak hanya makanan yang dikonsumsi ibu saja yang bisa berpengaruh pada kesehatan anak. Makanan ayah nampaknya juga sangat berpengaruh. Ditemukan bahwa ayah yang sering menghabiskan harinya buat minum minuman beralkohol saat istrinya sedang mengandung menyebabkan berat badan anak di dalam kandungan tidak normal atau rendah. Bahkan, ketika saat ibu tidak ikut minum sama sekali.

Sedangkan berbagai makanan sehat yang dikonsumsi ibu saat hamil memungkinkan anak lahir dengan sehat. Ibu yang rajin makan kacang saat mengandung dipercaya bisa membuat anak panjang umur saat dewasa kelak. Ibu yang rajin makan sayur dan buah sehat memungkinkan anak memiliki daya tahan tubuh kuat dan menjadikannya terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

So, agar buah hati di kandungan sehat baik saat di kandungan atau saat ia sudah lahir kelak, sangat disarankan agar ibu memperhatikan dengan baik pola makan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Semoga, informasi ini bermanfaat ya.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading