Sukses

Beauty

8 Makanan Nabati Kaya Kalsium Sehat Buat Tulang & Gigi

Ketika kamu memikirkan makanan yang kaya akan kalsium, bisa saja yang pertama ada di pikiran kamu adalah susu. Yap, susu maupun segala olahannya memang dikenal kaya akan kalsium dan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan dan kekuatan tulang maupun gigi. Tapi, jika minum susu terlalu banyak tentunya juga nggak akan baik buat kesehatan lho ya. Terlalu banyak konsumsi susu justru bisa membuat tubuh makin gemuk. Hal ini terjadi karena sebagian besar susu mengandung banyak lemak di dalamnya.

Oh iya, apa sih sebenarnya kalsium itu? Jadi gini, kalsium merupakan makro mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, setiap hari tubuh memerlukan 100 gram kalsium. Fungsi dari kalsium sendiri adalah pembentukan atau pun menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dan biasanya, kalsium ini akan didapatkan dari beberapa makanan yang memang mengandung banyak kalsium.

Kalau ngomongin soal makanan yang kaya akan kalsium, sebenarnya bukan hanya susu lho yang kaya akan kalsium. Lebih jauh, masih ada banyak makanan lain khususnya makanan nabati yang kaya kalsium juga. Kira-kira, apa saja makanan nabati yang kaya kalsium tersebut? Dikutip dari laman prevention.com, inilah setidaknya 8 makanan nabati kaya kalsium.

(vem/mim)

Sayur Sawi - Kacang Kedelai

Sayur Sawi
Makanan nabati pertama yang mengandung banyak kalsium adalah sayur sawi. Para ahli mengungkapkan bahwa sayur sawi adalah sayuran hijau yang memiliki kalsium tinggi, serat tinggi dan vitamin yang sangat baik buat kesehatan. Karena kandungan kalsium pada sawi yang cukup tinggi, ia pun dikatakan sangat baik buat menjaga kesehatan tulang maupun gigi.

Kacang Kedelai
Sejak zaman dahulu kacang kedelai dikenal sebagai makanan nabati yang sangat baik buat kesehatan. Selain mengandung protein sehat yang sangat baik buat tubuh, kacang kedelai juga dikenal memiliki nutrisi berupa kalsium yang baik buat menjaga kesehatan tulang maupun gigi.

Sayur Bayam - Buah Kering

Sayur Bayam
Hampir sama dengan sayur sawi, sayur bayam juga merupakan salah satu sayuran hijau yang dikatakan mengandung kalsium cukup tinggi di dalamnya. Tak hanya kaya akan kalsium, sayur bayam juga dikatakan memiliki nutrisi lain berupa vitamin yang sangat baik buat kelangsungan kesehatan tulang maupun gigi. Tapi perlu diingat, sayur bayam yang telah dimasak dalam waktu lama dan dihangatkan kembali justru bisa bikin nutrisi di dalamnya berubah menjadi racun yang sangat berbahaya buat kesehatan.

Buah Kering
Makanan sehat selanjutnya yang kaya akan kalsium adalah buah kering. Meski buah kering kaya akan kalsium dan baik buat tulang maupun gigi, para ahli menyarankan agar kita konsumsi buah kering secukupnya. Konsumsi buah kering terlalu banyak justru bisa menyebabkan obesitas, diabetes atau masalah kesehatan lain.

Tempe - Lobak

Tempe
Siapa sih yang nggak kenal sama tempe. Saya yakin, semua orang khususnya di Indonesia mengenal yang namanya tempe. Karena tempe adalah makanan yang berbahan dasar kacang kedelai, tidak heran lagi jika tempe juga dikatakan sebagai makanan kaya kalsium. Tak hanya kaya kalsium, tempe juga dikenal sebagai makanan kaya protein dan lemak baik di dalamnya.

Lobak
Lobak merupakan salah satu sayuran yang biasa dimasak dengan cara disop. Ternyata nih ya, sayur lobak adalah sayuran yang kaya akan kandungan kalsium di dalamnya. Kira-kira, dalam satu buah atau batang lobak mengandung 200 mg kalsium. Karena kandungan kalsium yang cukup tinggi ini, lobak dipercaya sebagai makanan nabati yang sangat baik buat kesehatan tulang maupun gigi.

Tahu - Kacang Almond

Tahu
Sama seperti tempe, tahu yang merupakan makanan berbahan dasar kacang kedelai ini juga dikenal sebagai makanan nabati kaya kalsium. Tak hanya kaya kalsium, tahu juga dikenal memiliki beragam nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Menariknya lagi, para ahli percaya bahwa tahu sangat baik buat kesehatan pencernaan. Ia juga sangat baik jika dikonsumsi ketika kamu sedang dalam program diet.

Kacang Almond
Tak hanya memiliki rasa yang gurih dan lezat, kacang almond ternyata juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan maupun kecantikan. Studi menyebutkan jika kacang almond kaya akan kalsium, vitamin E dan protein yang sangat baik buat kesehatan.

Itulah beberapa makanan nabati yang kaya akan kalsium. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga kaya akan kalsium antara lain adalah pisang, sayur brokoli, kacang putih, sayur kale, oatmeal atau sereal gandum, buah jeruk, biji wijen, sayur kubis, umbi talas dan masih banyak lagi. Well, jika kamu ingin memenuhi kebutuhan kalsium tanpa harus makan makanan hewani, kamu bisa kok makan makanan nabati kaya kalsium tersebut. Selain sangat sehat, tentunya makanan ini juga sangat mudah buat didapat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading