Sukses

Parenting

Cegah Kematian Bayi, Vaksin Flu Saat Hamil Penting Untuk Ibu

Ibu hamil benar-benar perlu hati-hati menjaga kesehatannya, bahkan penyakit kecil dan ringan yang terkadang sering dianggap sepele ternyata bisa mempengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan lho.

Sebuah penelitian mengonfirmasi bahwa wanita hamil yang mendapat vaksin mencegah flu untuk tubuhnya juga bisa memberi perlindungan ekstra terhadap bayi dalam kandungan. Bayi-bayi dengan usia 6 bulan yang terlahir dari ibu yang mendapat vaksin selama masa kehamilan, ternyata 70% lebih kuat dan bebas tes lab flu dibanding bayi yang terlahir dari ibu yang tak mendapat vaksin.

Bukan hanya itu, bayi yang terlahir dari ibu yang mendapat vaksin juga 80% cenderung bebas sakit sehingga bisa mencegah bayi dirawat inap di rumah sakit. Dr. Julie Shakib menyatakan bahwa bayi dengan usia di bawah 6 bulan masih terlalu muda untuk mendapatkan vaksin, itulah mengapa vaksin terbaik dilakukan pada ibunya, bukan pada bayinya.

Ibu bukan hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya sendiri, namun juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh bayi yang dikandungnya. Meski memang flu dianggap sebagai penyakit ringan dan umum dialami banyak orang, namun flu bisa sangat berbahaya jika dialami bayi dengan usia sangat muda.

Banyak ibu muda belum banyak tahu hal ini, namun mendapatkan vaksin flu selama hamil jadi salah satu prioritas yang harus disadari untuk menjaga kesehatan bayi saat lahir nanti. Bahkan pihak pemerintah kesehatan dan U.S. Centers for Disease Control and Prevention Amerika merekomendasikan semua wanita hamil mendapatkan vaksin flu selama hamil dari sekarang.

Ibu-ibu hamil terkadang ragu untuk mengambil vaksin saat hamil karena salah paham bahwa obat-obatan yang masuk tubuhnya justru akan membahayakan bayi dan lain sebagainya. Namun hal ini tak benar, para ahli kesehatan justru menyarankan ibu hamil mendapatkan vaksin flu di trimester mana pun, ketika musim flu sedang marak.

Jadi, jangan abaikan tubuh saat flu menyerang ya, kamu juga perlu membicarakan dengan dokter kandungan jika kesehatan tubuh menurun dan gejala flu mulai timbul.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading