Sukses

Parenting

Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyapih Bayi

Menyapih adalah waktu yang penting dalam proses tumbuh kembang si kecil. Karenanya, Anda harus cermat memilih makanan pengganti ASI. Sebab, apa yang si kecil mulai makan sejak bayi akan memengaruhi makanan serta gaya hidupnya di kemudian hari.

Disebutkan dalam laman www.hipp.co.uk, saat Anda menyapihnya, Anda harus menghindari makanan yang tidak dapat diterima oleh sistem pencernaannya. Sebab, beberapa makanan diketahui dapat mengakibatkan alergi pada buah hati Anda. Apa saja makanan yang harus dihindari tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

  • Makanan dengan Kandungan Gula dan Garam Tinggi. Anda harus menghindarkan si kecil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan garam tinggi hingga ia berusia 2 tahun.  Sebab, terlalu banyak mengonsumsi gula di usia satu hingga dua tahun akan mengakibatkan kerusakan pada gigi. Asupan kalori berlebih dari gula juga dapat memicu obesitas. Sementara untuk garam, ginjal bayi belum siap untuk makanan dengan banyak garam. Selain itu, garam juga dapat mengakibatkan kembung dan dehidrasi.
  • Susu Sapi Murni. Susu sapi, meskipun susu segar sekalipun, tidak cocok untuk bayi berusia di bawah 1 tahun. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi masih belum bisa beradaptasi dengan susu sapi. Beberapa enzim dari susu sapi tidak cocok dengan sistem pencernaan bayi dan sangat mungkin menyebabkan diare pada bayi.
  • Kacang. Kacang dengan ukuran kecil sangat memungkinkan membuat bayi tersedak. Meski sudah dipotong dengan ukuran kecil, bayi tetap belum bisa mengunyahnya dengan sempurna. Selain itu, ia juga belum mampu menelan makanan dengan baik. Ditambah lagi, kacang-kacangan rentan untuk mengakibatkan alergi pada bayi.
  • Seafood dan Daging Sapi. Jangan memberikan seafood kepada bayi di bawah usia 9 bulan. Hal ini dikarenakan, bayi berpotensi lebih besar mengalami keracunan pada ikan atau hewan laut lainnya. Seafood juga bisa memicu sakit perut pada bayi karena teksturnya yang terlalu padat. Begitu pula dengan daging sapi. Teksturnya yang terlalu padat dan keras tidak cocok dengan pencernaan bayi dan sangat mungkin  menimbulkan sakit perut.

Nah, itulah beberapa makanan yang perlu dihindari saat menyapih bayi yang perlu Anda perhatikan. Pastikan agar jangan sampai si kecil mengalami alergi berbagai makanan karena ia belum siap untuk menerima makanan tersebut.  

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading