Sukses

Parenting

Snacking Sehat Selama Masa Kehamilan, Buah-Buahan Ini Jawabannya

Selama masa kehamilan, sangat wajar jika nafsu makan Anda meningkat dan membuat Anda merasa lapar lebih sering. Pasalnya, tak hanya tubuh yang butuh diberi makan, janin dalam kandungan pun memerlukan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Mengatasi rasa lapar yang datang lebih sering ini bisa disiasati dengan mengonsumsi camilan. Tentu, bukan sembarang camilan yang tak sehat dan membuat berat badan naik tajam. Tapi, camilan sehat yang menambah nutrisi untuk tubuh dan janin seperti buah-buahan.

Disebutkan dalam laman www.momjunction.com, selama masa kehamilan Anda memang disarankan untuk mengonsumsi camilan buah potong 3 sampai 4 kali sehari dalam porsi kecil. Hal ini dimaksudkan tidak hanya agar perut selalu terasa kenyang, tapi juga untuk mengurangi rasa mual, terutama di awal masa kehamilan.

Buah-buahan mengandung serat, vitamin dan multi-mineral yang bermanfaat bagi tubuh dan perkembangan janin. Selain itu, buah-buahan juga mengandung air yang bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi yang biasanya mudah Anda alami saat hamil.

Di antara banyak buah-buahan yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif snacking sehat, berikut beberapa yang bisa menjadi rekomendasi enak untuk Anda.

  • Apel. Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida yang mengganggu fungsi jantung. Selain itu, apel juga banyak mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin.
  • Alpukat. Sering mengalami keluhan gangguan persendian karena perut yang mulai membesar? Nah, kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi dalamĀ  AlpukatĀ  ini akan membantu Anda menjaga kelenturan otot-otot sendi.
  • Pisang. Buah pisang mempunyai manfaat pada lapisan lembut dinding lambung dan usus yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi. Pisang sangat membantu bagi Anda yang memiliki masalah peradangan lambung atau usus.
  • Pepaya dan Mangga. Potongan campuran pepaya dan mangga mengandung karbohidrat tinggi dan enzim. Kedua buah ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan, dan demam. Jika diolah menjadi jus, mangga juga dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sementara jus pepaya dapat membantu memperlancar buang air besar dan mengatasi sembelit.

So, Bunda nggak perlu bingung lagi untuk mencari snack di masa kehamilan ini ya. Konsumsi buah-buahan potong ini dan hidup sehat selalu!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading