Sukses

Parenting

6 Alasan Ibu Hamil Perlu Sering Jalan Kaki, Semangat Bunda!

Masa-masa kehamilan selalu memberi kesan dan pengalaman sendiri bagi seorang wanita. Ada rasa cemas, was-was, tapi juga bahagia tak sabar menanti kelahiran sang buah hati. Selama masa kehamilan, seorang ibu wajib menjaga kesehatannya. Selain mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi, ibu hamil juga disarankan untuk berolahraga.

Nah, salah satu olahraga yang termasuk paling gampang dan nggak butuh banyak biaya untuk dilakukan adalah jalan kaki. Cukup siapkan sepatu yang nyaman dan luangkan waktu khusus setiap harinya, Bunda sudah bisa berolahraga santai.

Dilansir dari momjunction.com, ada 6 alasan seorang ibu hamil perlu sering-sering jalan kaki. Selengkapnya, ikuti infonya di sini.

    Agar Tubuh Tetap Bugar

    Jalan kaki bisa menjaga kebugaran tubuh. Kalau bisa olahraga jalan kaki setiap harinya, maka kesehatan kardiovaskular akan terjaga dan otot-otot tubuh bisa tetap kencang. Aliran darah pun mengalir lancar.

    Kesehatan Bayi Terjaga

    Jalan kaki bisa selalu membuat berat badan tetap stabil. Hal ini juga berpengaruh pada berat badan bayi. Berat badan bayi bisa terkontrol dengan baik, tak terlalu kecil juga tak terlalu besar. Proses persalinan nantinya juga akan lebih mudah.

    Terhindar dari Diabetes Kehamilan

    Selama kehamilan, berat badan biasanya akan bertambah secara signifikan. Hal ini pun bisa meningkatkan risiko diabetes kehamilan (gestational diabetes) pada ibu hamil. Untuk mencegahnya, jalan kaki secara rutin sudah cukup.

    Mengurangi Risiko Pre-Eclampsia

    Pre-Eclampsia merupakan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Untuk mengurangi risiko terkena itu, jalan kaki bisa cukup membantu. Selain itu, jalan kaki juga bisa menjaga berat badan dan menurunkan kolesterol untuk menyeimbangkan tekanan darah selama kehamilan.

    Mengurangi dan Meredakan Stres

    Stres merupakan masalah yang sering dialami para ibu hamil. Mood atau suasana hati yang naik turun yang dialami ibu hamil umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Sementara itu, jalan kaki bisa membantu melepaskan endorfin, hormon yang bisa membuat suasana hati membaik atau bahagia. Jadi kalau ingin terhindar dari stres, jalan kaki adalah solusi praktisnya.

    Meningkatkan Peluang Persalinan Normal

    Jalan kaki bisa meningkatkan fleksibilitas otot panggul yang nantinya akan sangat membantu untuk proses persalinan lancar dan normal. Kalau ingin meningkatkan peluang bisa melakukan persalinan normal dan bukan operasi caesar, rutinlah jalan kaki selama kehamilan.

Sebelum melakukan olahraga jalan kaki selama kehamilan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Sebaiknya jangan memaksakan diri jalan kaki terlalu cepat, sesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan. Hindari jalan kaki saat cuaca sedang panas-panasnya. Penting juga untuk selalu membawa air minum agar terhindar dari dehidrasi. Sepatu yang digunakan juga harus benar-benar nyaman dan tidak melukaimu ketika dipakai berjalan.

Poin penting lainnya selalu jaga emosi tetap positif dan bersenang-senanglah. Kalau ibu bisa selalu menjaga kestabilan emosinya dengan baik, bayi yang dikandung bisa mendapatkan perkembangan dan kestabilan emosi yang baik.

Semoga info ini bermanfaat. Terus semangat, ya Bunda!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading