Sukses

Parenting

Asupan Vitamin D Selama Kehamilan Turunkan Risiko Alergi Bayi

Kehamilan merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan setiap wanita. Tidak heran jika selama hamil, wanita benar-benar menjaga kesehatannya, termasuk dalam menjaga asupan nutrisi. Dari beberapa nutrisi penting selama masa kehamilan, vitamin D adalah salah satu yang tidak boleh dilupakan.

Seperti disebutkan dalam laman www.babycentre.co.uk, sebuah studi menunjukkan asupan  vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko alergi pada janin.  Ibu yang mengonsumsi cukup vitamin D selama masa kehamilannya dapat meminimalkan bayinya dari alergi.

Sebuah studi yang dilakukan dengan menguji 1.000 ibu hamil sejak hamil, melahirkan, hingga anaknya berusia 7 tahun menemukan bahwa ibu yang diberi cukup asupan vitamin D selama kehamilan, anaknya memiliki risiko terkena alergi yang lebih rendah dibandingkan ibu yang hanya mendapatkan sedikit asupan vitamin D.

Risiko alergi pada anak terbukti menurun sebanyak 20% ketika ibu mengonsumsi vitamin D secara cukup selama kehamilannya. Selain itu, mengonsumsi vitamin D juga membantu ibu terhindar dari asma yang biasa dialami ibu hamil di trisemester kedua dan ketiga.

Alasan lain vitamin D penting bagi kehamilan adalah bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin D selama kehamilan dapat menghalangi janin untuk mendapatkan cukup kalsium dan fosfat. Hal ini dapat menyebabkannya memiliki gigi dan tulang yang lemah, dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, rakitis.

Vitamin D dapat membantu Anda memerangi infeksi dan dapat menjauhkan Anda dari risiko diabetes selama kehamilan.

Mendapatkan cukup vitamin D selama masa kehamilan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Anda bisa juga mengonsumsi berbagai makanan yang merupakan vitamin D seperti telur, ikan, sereal, jamur dan susu.

Selain konsumsi makanan sumber vitamin D, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga bisa memberikan Anda cukup vitamin D. Sebab, paparan sinar matahari dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D dalam jumlah maksimal.

Berjemurlah sekitar 10 - 20 menit di bawah sinar matahari pagi selama kehamilan agar Anda mendapatkan cukup vitamin D. Tapi, pastikan untuk tidak lupa menggunakan sunblock sebelum Anda berjemur ya, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading