Sukses

Parenting

Hamil Nggak Ya? Kenali Tanda-Tandanya

Mengenali tanda kehamilan bisa bikin harap-harap cemas sendiri. Dalam hati sih berharap kalau sudah hamil. Tapi gejala dan tanda-tandanya kok nggak terlalu kentara, ya?

Dilansir dari fitpregnancy.com, Mary Rosser, M.D., Ph.D dari Montefiore Medical Center memaparkan bahwa memang agak susah membedakan mana gejala PMS dan mana gejala awal kehamilan. "Tiap wanita bisa berbeda, jadi tak semua wanita bisa mengalami gejala dan tanda hamil muda," terangnya. Meski begitu, ada sejumlah tanda-tanda yang bisa dijadikan patokan hamil tidaknya seorang wanita. Kalau kamu mengalami tanda-tanda ini, ada kemungkinan besar kamu hamil. Tapi memang perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter lagi untuk memastikannya.

    Meningkatnya Volume Cairan Miss V

    Cairan Miss V bisa meningkat volumenya saat ovulasi. Kalau kamu hamil, ada kemungkinan cairan yang keluar akan bertambah banyak. "Cairan Miss V kental dan berwarna putih biasanya meningkat setelah proses pembuahan," ujar Rosser. Jadi kalau kamu merasakan gejala ini, ada kemungkinan kamu hamil.

    Perubahan Kepekaan Indera

    Merasa makanan tertentu tak seenaknya biasanya? Atau justru mulai menggemari makanan tertentu? Perubahan kepekaan indera ini bisa jadi karena hormon-hormon bayi yang mulai memberi pengaruh pada kepekaan inderamu.

    Nyeri di Bagian Puting Payudara

    Rosser mengatakan kalau payudara yang terasa mengencang dan nyeri merupakan salah satu tanda kehamilan. Tapi buat kamu yang sudah sering mengalami gejala ini saat PMS, bakal agak susah untuk membedakannya.

    Konstipasi dan Kembung

    Selain mual, konstipasi dan kembung juga jadi tanda kehamilan. Hormon progesteron kehamilan bisa memperlambat pencernaan, sehingga akan membuat perut cepat kembung juga konstipasi. Kalau kamu sering mengalami gejala ini, bisa jadi ini pertanda kamu sedang hamil muda.

    Bercak Darah

    Sejumlah wanita bisa mengalami gejala munculnya bercak darah atau pendarahan ringan di Miss V saat hamil. Hal ini disebabkan oleh terjadinya proses implantasi embrio.

    Pusing

    Rasa pusing atau sakit kepala saat hamil bisa jadi akibat dari kadar gula darah rendah atau dehidrasi saat kehamilan. Di masa-masa hamil muda, seorang wanita bisa sering merasakan pusing atau sakit kepala.

    Kram Perut

    Merasa nyeri atau kram perut tapi tak sedang haid? Bisa jadi ini gejala kehamilan. Kram perut bisa terjadi karena adanya proses implantasi (pelekatan embrio pada dinding rahim) yang sedang terjadi. Rasa nyeri atau sakitnya bisa jadi mirip dengan kram perut yang kamu rasa menjelang atau saat sedang haid.

Selain gejala-gejala di atas, tanda lain yang menjadi sinyal kamu sedang hamil adalah mood yang naik turun (mood swings) dan mudah mengantuk. Intinya, kalau tubuhmu mulai merasakan hal-hal yang tak biasanya, ada baiknya untuk segera menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, kamu bisa segera dapatkan jawaban dan kepastian yang tepat.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading