Sukses

Beauty

6 Makanan yang Perlu Kamu Tahu untuk Meningkatkan Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asupan zat besi yang cukup dapat mengurangi risiko anemia. Kurang lebih 9% wanita mengalami anemia akibat kekurangan zat besi. Menjaga asupan zat besi penting untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah makanan yang dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan zat besi, seperti yang dilansir goodhousekeeping.co.uk yaitu sebagai berikut:

(vem/apl)

Kerang

Jika kamu gemar mengonsumsi kerang, selamat maka kamu telah memenuhi kebutuhan zat besi kamu. Kerang adalah sumber utama makanan yang mengandung zat besi tinggi. Tiga ons kerang mengandung 23,8 miligram zat besi dan 126 kalori.

Kamu dapat mengonsumsi kerang secara langsung maupun memasaknya terlebih dahulu. Selain tinggi zat besi, kerang juga kaya akan potasium dan vitamin B12.

Oats

Oats adalahan pilihan yang tepat sebagai menu sarapan yang kaya akan zat besi. Kamu dapat memilih oats yang plain. Sebagai pemanis oats yang dimakan, kamu dapat menambah oats dengan buah atau selai kacang.

Bonus yang kamu dapat dari mengonsumsi oats dengan campuran buah adalah kamu mendapat manfaat dari buah-buah yang kamu konsumsi. Vitamin dan nutrisi yang dikandung dalam buah-buahan akan melengkapi kebutuhan nutrisi kamu.

Ikan

Gemar mengonsumsi ikan baik untuk kesehatan. Tidak hanya mengurangi risiko depresi, serangan jantung tetapi juga baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Pilih konsumsi ikan seperti ikan tuna dan salmon.

Edamame

Jenis camilan gurih ini populer saat ini, selain rasanya yang enak ternyata juga menyehatkan. Edamame merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Kamu dapat mengonsumsi edamame dengan cara merebus maupun dengan menggoreng.

Edamame adalah camilan rendah kalori, sehingga sering dipakai sebagai menu diet. Setengah cangkir edamame mengandung 4,4 mg zat besi dan mengandung 149 kalori.

Coklat

Jangan takut gemuk saat mengonsumsi coklat. Seperti yang kita ketahui coklat banyak mengandung antioksidan yang baik untuk membantu mengurangi risiko serangan jantung.

Pastikan kamu mengonsumsi coklat tidak lebih 1 sampai 1,5 porsi. Selain itu coklat juga banyak mengandung zat besi yang dapat mengurangi risiko anemia. Pilih coklat hitam, agar kamu mendapat manfaat coklat yang baik.

Bayam

Masih ingat dengan makanan kegemaran Popaye ini? Yup, Bayam sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Bayam juga memiliki kandungan Vitamin A, K dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Yang perlu kamu ingat saat kamu memasak bayam jangan pernah menghangatkannya kembali karena akan berbahaya bagi kesehatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading