Sukses

Parenting

Sering Alami Kembung Selama Kehamilan, Bisa Jadi Makanan-Makanan Ini Penyebabnya

Perut begah atau kembung selama masa kehamilan adalah sebuah kondisi kesehatan yang umum terjadi selama masa kehamilan. Kondisi perut kembung selama masa kehamilan ini umumnya disebabkan karena adanya peningkatan hormon progesteron dalam tubuh.

Selain dikarenakan adanya peningkatan hormon progesteron dalam tubuh, kondisi perut kembung selama masa kehamilan juga bisa disebabkan karena kita tidak sengaja mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang menyebabkan perut kembung. Seperti disebutkan dalam laman www.livestrong.com, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa memicu kondisi perut kembung selama masa kehamilan, yuk simak.

 

  • Lobak. Lobak diketahui memiliki kandungan yang dapat memicu timbulnya gas di dalam perut pemicu perut kembung. Tak hanya lobak, paprika hijau juga diketahui dapat mengakibatkan perut kembung. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi konsumsi sayuran ini selama kehamilan Anda ya.
  • Kentang. Kandungan pati dalam kentang diketahui dapat memperlambat pencernaan, yang pada akhirnya memicu timbulnya gas dalam perut yang mengakibatkan perut kembung. Jika Anda termasuk penggemar kentang, sebaiknya kurangi sedikit konsumsi kentang selama kehamilan Anda ya.
  • Kubis. Meski kubis merupakan sayuran baik yang kaya serat, namun kubis memiliki potensi untuk memicu timbulnya gas dalam perut ketika dikonsumsi. Selain itu, kubis juga merupakan sayuran yang dapat memperlambat pencernaan dan memicu timbulnya rasa mulas pada ibu hamil.
  • Mentimun. Meski kandungan airnya dapat memperlancar sistem pencernaan, namun kandungan air dalam mentimun ini juga berpotensi membuat Anda mengalami kondisi perut kembung. So, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi mentimun selama kehamilan jika Anda kerap mengalami kembung.

Nah, itulah beberapa daftar makanan yang dapat memicu kondisi perut kembung selama masa kehamilan. Jika Anda kerap mengalami kondisi kembung selama kehamilan Anda, bisa jadi makanan-makanan inilah penyebabnya, so kurangi sedikit konsumsi makanan-makanan ini selama masa kehamilan Anda ya, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading