Sukses

Parenting

8 Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan Di Usia 30 Tahun Ke Atas Agar Bisa Cepat Hamil

Pada wanita, masa subur bisa ditandai dan dihitung dari siklus menstruasi yang dialami tiap bulan. Namun wanita tidak selamanya bisa punya kesempatan mengandung anak, ada masa di mana wanita akan mengalami menopause dan tidak lagi bisa hamil. Jika dilihat dari sisi fisik, wanita mengalami masa subur tertinggi di usia 20 tahun-an, dan akan menurun seiring bertambahnya umur, terutama saat memasuki usia 30 tahun-an.

Tapi masih tetap ada kesempatan untuk kamu yang ingin hamil di usia 30 tahun, apalagi jika kamu sibuk dengan pekerjaan. Caranya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan kesuburan sehingga kamu mudah hamil.

    Biji-bijian

    Wanita yang ingin hamil butuh banyak protein nabati. Makan biji-bijian seperti kedelai, kacang hijau dan kacang merah bisa jadi alternatif bagus untuk meningkatkan kesuburan, apalagi kedelai punya kandungan estrogen yang dibutuhkan tubuh untuk lebih subur.

    Brokoli

    Sayur hijau brokoli kaya akan fitosterol yang mampu memperbaiki ketidakseimbangan hormon pada wanita sehingga bisa meningkatkan proses ovulasi. Brokoli juga bisa menurunkan kadar oestrogen sehingga wanita lebih subur di usia 30 tahun-an.

    Biji bunga matahari

    Kuwaci bunga matahari kara akan seng dan protein, yaitu mineral yang bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Jadi bukan hanya kamu, suami pun bisa makan biji bunga matahari agar ia juga lebih subur.

    Salmon

    Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan proses ovulasi dalam tubuh. Ikan-ikan yang kaya asam lemak omega-3 juga bisa menurunkan potensi keguguran saat kamu hamil. Coba konsumsi 2 porsi ikan kaya omega-3 dalam seminggu.

    Nasi merah

    Makan nasi merah 4 kali dalam seminggu karena lebih bergizi dari nasi putih, dan ternyata juga bisa meningkatkan kesuburan dan proses ovulasi. Nasi merah juga bagus dalam menyeimbangkan hormon tubuh, termasuk insulin dalam darah.

    Daging merah

    Daging merah seperti kambing dan sapi juga kaya protein dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat proses ovulasi. Pastikan kamu makan daging merah dengan sedikit lemak ya agar lebih sehat.

    Bayam

    Sayur hijau seperti bayam kaya zat besi dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesuburan. Kamu bisa mengonsumsi 2 hari sekali. Bisa juga diselingi dengan sayur lain.

    Pisang

    Buah pisang dikenal punya kandungan vitamin B6 yang tinggi dan ini bisa membantu regulasi hormon dan membantu proses ovulasi tubuh. Buah pisang bisa meningkatkan kualitas sel telur pada wanita dan sperma pada pria.

Sangat penting bagi wanita usia 30 tahun-an mempersiapkan tubuhnya lebih intens agar siap hamil seperti memperhatikan asupan gizi yang cukup agar kesuburan bertambah dan tak ada risiko dalam perkembangan janin di dalam rahim. Be healthy and happy ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading