Sukses

Parenting

Selama Hamil, Bunda Rentan Mengalami Anemia.. Konsumsi Makanan-Makanan Ini Yuk

Anemia atau kurang darah merupakan kondisi saat kadar sel darah merah atau protein pengikat oksigen dan karbondioksida (hemoglobin) berada di bawah jumlah normal. Pada ibu hamil, kondisi anemia merupakan kondisi yang normal terjadi, terutama di awal trisemester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan, pada saat hamil, kebutuhan zat besi akan meningkat, sementara tubuh tidak cukup menyimpan zat besi.

Meski normal, jika anemia tak ditangani dengan tepat maka tentu akan membawa ketidaknyamanan bagi Anda dan berdampak kurang baik bagi janin di dalam kandungan Anda ya, Bunda? Apalagi, tubuh memberikan respon terhadap kondisi anemia ini dengan gejala mudah lelah, pusing, bahkan mual dan muntah.

Nah, agar anemia tak sampai membawa pengaruh yang buruk bagi Anda dan juga janin, Anda perlu mengatasinya dengan tepat. Seperti disebutkan dalam laman www.babycenter.com, cara mengatasi anemia pada ibu hamil yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin penambah darah, seperti buah-buahan dan sayuran.

Untuk buah-buahan, Anda bisa memilih buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, ataupun B kompleks (khususnya B12) untuk mengatasi anemia Anda. Buah-buahan yang kaya dengan vitamin-vitamin ini antara lain:

  • Jeruk
  • Tomat
  • Mangga
  • Jambu Biji
  • Apel
  • Stroberi
  • Buah Naga


Sementara untuk sayuran, sayuran hijau yang merupakan sumber zat besi dan vitamin merupakan pilihan yang tepat untuk mencegah sekaligus mengatasi anemia Anda. Sayur-sayuran hijau ini antara lain bayam dan sawi.

Bayam dan sawi tidak hanya mengandung vitamin A, B, dan C yang efektif meregenerasi hemoglobin, tetapi juga mengantongi banyak mineral seperti magnesium, potassium, dan kalium yang baik untuk ibu hamil.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan Anda seputar kehamilan ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading