Sukses

Parenting

Sering Buang Angin Selama Kehamilan? Tak Perlu Cemas, Ini Penyebabnya

Selama kehamilan, sistem tubuh yang paling sering mendapatkan gangguan adalah pencernaan, yang dimulai dari mual dan muntah hingga buang angin. keluhan buang angin selama kehamilan ini, biasanya mulai dirasakan calon ibu ketika kehamilannya memasuki usia 15 minggu.

Seperti disebutkan dalam laman americanpregnancy.org, kesulitan mengontrol buang angin yang dialami oleh ibu hamil awalnya ditandai dengan gejala kembung dan kram perut. Meski cukup mengganggu, tapi kondisi kehamilan ini tak perlu terlalu Anda khawatirkan kok, Bunda.

Buang angin selama kehamilan ini umumnya disebabkan karena pembesaran ukuran rahim  seiring dengan perkembangan bayi. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan ibu hamil memiliki sedikit ruang untuk memproduksi gas di dalam perutnya, akhirnya terjadilah proses buang-buang angin dalam frekuensi yang cukup sering.

Selain itu, keluhan buang angin yang terlalu sering selama masa kehamilan ini juga bisa dikarenakan proses kerja usus yang melambat karena adanya gangguan hormon progesteron pada tubuh ibu hamil. Nah, jika kondisi buang-buang angin ini sudah semakin mengganggu Anda, tidak perlu cemas. Cara termudah untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menjaga pola makan.

Jika Anda sering mengalami buang gas selama kehamilan, sebaiknya mulai kurangi makanan-makanan yang dapat memicu timbulnya gas di dalam perut seperti kol, tape, ubi jalar dan lobak. Selain itu, hindari makan dengan porsi yang besar dalam satu waktu. Sebagai gantinya, makanlah dalam porsi yang kecil tetapi dalam rentang waktu yang pendek. Hal ini akan membantu pencernaan Anda mencerna lebih baik.

Nah, mulai sekarang tak perlu khawatir dengan kondisi buang angin selama kehamilan ya, Bunda? Jika buang angin Anda tidak berkurang meski Anda telah menjaga pola makan, Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter Anda. Semoga bermanfaat.

 



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading