Sukses

Parenting

Tenang Bunda, Minum Kopi Saat Hamil Gak Bikin IQ Bayi Rendah Kok!

Kehamilan bagi seorang wanita adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri. Di saat kamu mengumumkan kehamilan, di saat itu pula kamu akan menerima banyak wejangan, dan sekian hal yang harus dihindari dan dilakukan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan dan minuman, dan kopi jadi minuman yang kontroversial untuk ibu hamil. Banyak yang menyarankan kamu sebaiknya menghindari kopi karena kandungan kafeinnya buruk untuk otak bayi. Namun hal ini pasti sulit dilakukan jika kamu adalah pecinta kopi dan sering minum kopi setiap harinya.
 
Tapi benarkah kopi bisa memberi pengaruh buruk pada perkembangan IQ bayi dalam kandungan? Sebuah penelitian yang dilakukan di Nationwide Children’s Hospital in Ohio telah melakukan tes mengenai hubungan antara asupan kafein dan pengaruhnya terhadap IQ bayi.
 
Dalam penelitian terbaru, sampel darah wanita hamil dikumpulkan untuk diteliti dan dibandingkan. Dari semua tes yang dilakukan pada 2.197 ibu hamil dan pada anak-anak dengan usia 4-7 tahun, ternyata tidak ada bukti kuat bahwa asupan kafein bisa mempengaruhi perkembangan otak bayi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kafein tidak mempengaruhi IQ bayi, namun punya kecenderungan membuat ibu hamil sulit tidur dan mempercepat detak jantung. Padahal tidur cukup sangat dibutuhkan ibu, dan detak jantung yang sehat juga membantu kesehatan aliran darah.

Namun dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kafein berhubungan erat dengan obesitas. Peneliti menemukan, dibandingkan wanita yang tidak minum kopi saat hamil, anak-anak yang terlahir dari wanita peminum kopi cenderung mengalami kegemukan hingga obesitas.

Jadi, baik kamu sedang hamil maupun tidak , sebaiknya memang membatasi asupan kafein untuk menjaga kesehatan. Lagipula, apapun yang berlebihan pasti tidak baik kan?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading