Sukses

Parenting

Atasi Perubahan Mood Saat Hamil dengan Tips Berikut Ini Yuk, Bunda

Meski kita mengharapkan kehamilan yang lancar sampai saat persalinan, namun seringkali kita menghadapi kenyataan yang cukup berbeda. Pasalnya, tak semua kehamilan bisa semulus jalan tol; lancar tanpa keluhan dan masalah kesehatan yang mengganggu.

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi para calon ibu selama masa kehamilannya adalah perubahan mood yang bisa terjadi secara mendadak. Seringnya perubahan mood ini terjadi selama masa kehamilan dikarenakan berbagai macam faktor, mulai dari pergantian hormon, ketidaknyamanan yang dialami selama masa kehamilan, hingga rasa khawatir yang berlebihan.

Meski tak membahayakan keselamatan Bunda dan janin, namun perubahan mood yang cukup sering tentu akan mengganggu kesehatan mental dan pikiran Anda. Sementara selama hamil kita dianjurkan untuk sebisa mungkin meminimalisir stress, maka perubahan mood yang cukup mengganggu ini tentu harus di atasi, kan? Nah, seperti dikutip dari laman www.livestrong.com, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perubahan mood tersebut.

    Terbuka dengan Suami

    Memiliki orang terdekat yang bisa dijadikan tempat untuk mencurahkan perasaan adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa tertekan saat mood berubah-ubah. Suami, adalah orang terdekat yang bisa Anda jadikan tempat peraduan. So, mulailah terbuka dengan suami tentang apa yang Anda rasakan.

    Lakukan Olahraga Relaksasi

    Jika perubahan mood mulai mengganggu kesehatan Anda karena perasaan tertekan yang ditimbulkannya, Anda bisa mulai melatih diri Anda untuk rileks dengan melakukan olahraga relaksasi seperti yoga. Melakukan yoga secara rutin dapat membantu Anda merasa rileks dan tenang.

    Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

    Ketika kehamilan memasuki trisemester ketiga, sangat wajar jika Anda mulai mendapat kekhawatiran-kekhawatiran terkait proses persalinan yang sudah di depan mata. Daripada terlalu fokus dengan kekhawatiran yang belum tentu terjadi, cobalah untuk mengalihkan fokus Anda pada kegiatan-kegiatan menyenangkan yang Anda senangi. Melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat mempengaruhi mood Anda menjadi lebih cerah.

    Hindari Stress

    Jika Anda mengetahui dengan jelas apa yang menyebabkan Anda menjadi kesal dan sering marah-marah sendiri, cobalah untuk menghindari hal-hal tersebut. Sebab, jika Anda larut dengan hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman, hal itu justru akan semakin membuat mood Anda menjadi gampang down.

Nah, itulah beberapa solusi untuk mengatasi masalah perubahan mood selama masa kehamilan. Semoga solusi ini dapat membuat masa kehamilan Anda lebih berwarna dan bebeas dari fluktuasi mood yang mengganggu ya! Stay healthy, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading