Sukses

Parenting

Mood Gampang Berubah Saat Hamil, Ini Penyebabnya Bunda

Hamil merupakan anugerah terindah yang sangat dinantikan setiap wanita. Tapi, menjalani masa-masa kehamilan ini kadang tak semulus dan selancar jalanan tol. Sebab, seiring dengan waktu yang berlalu, usia kehamilan semakin membesar, ibu hamil biasanya memiliki keluhan-keluhannya tersendiri.

Dikutip dari laman www.livestrong.com, salah satu keluhan yang membuat kondisi ibu tak nyaman saat hamil adalah perubahan emosi yang naik-turun. Ibu hamil cenderung lebih mudah mengalami kesepian, sedih, bahkan mudah marah tanpa alasan yang jelas.

Mood yang gampang berubah-ubah secara mendadak ini sebenarnya bukan tanpa alasan yang jelas kok, Bunda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mood Anda sangat cepat berubah selama kehamilan ini. Apa saja faktor tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

    Perubahan Hormon

    Sama halnya dengan saat Anda mengalami PMS, saat hamil Anda juga mengalami fluktuasi mood yang disebabkan oleh perubahan hormon. Perubahan hormon selama kehamilan cenderung membuat wanita lebih rentan terhadap perubahan emosi yang kuat, termasuk marah.

    Ketidaknyamanan

    Sebagian besar wanita hamil mengalami beberapa ketidaknyamanan selama masa kehamilannya, termasuk mual, nyeri otot, dan mudah lelah. Ketidaknyamanan ini seringkali menyebabkan wanita mudah marah dan ngomel-ngomel karena hal-hal kecil.

    Ketakutan

    Ketakutan ini biasanya hadir saat kehamilan memasuki trisemester ketiga. Ketakutan ini sebagian besar dilatar belakangi karena kekhawatiran menjelang persalinan. Jika kita tak mengontrol rasa takut ini dengan baik, mood akan sangat mudah menjadi down.

Nah, itulah beberapa penyebab yang melatarbelakangi perubahan mood saat kehamilan. Setelah mengetahui faktor-faktor ini, tentu Anda akan mampu melakukan tindakan precaution ya, Bunda. Misal, karena kita cenderung mengalami ketidaknyamanan selama hamil seperti mual, sebaiknya kita menghindari hal-hal yang bisa memicu rasa mual tersebut. So, semoga informasi ini bermanfaat ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading