Sukses

Parenting

Jeruk, Buah Manis Asam Segar yang Kaya Manfaat Bagi Ibu Hamil Muda

Bunda, Anda tentu sudah sangat akrab dengan buah satu ini ya. Ya. Jeruk, buah manis asam segar yang banyak menjadi favorit banyak orang tidak hanya karena rasanya yang membuat kita ketagihan, tapi juga karena beragam kandungan vitamin serta nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, termasuk kesehatan saat hamil muda.

Karena aromanya yang segar dan rasanya yang manis asam, kita seringkali menggunakan jeruk sebagai alternatif penghilang rasa mual saat hamil muda. Tapi, manfaat jeruk ini tidak hanya sebagai pereda mual, lho. Pasalnya, satu buah jeruk bisa menyumbangkan setidaknya 15% kebutuhan harian gizi ibu hamil. Seperti dilansir dalam laman www.bubhub.com.au, dalam setiap 100g buah jeruk terkandung 295 IU vitamin A, 40 mcg folat, 67,9 mg vitamin C, 338 mg kalium, dan banyak nutrisi penting bagi tubuh dan janin lainnya.

Karena kandungan vitamin serta nutrisi yang beragam inilah, jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita saat hamil muda. Apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Sumber Antioksidan

    Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh saat hamil. Sebab, saat hamil-terutama hamil muda-tubuh kita membutuhkan imunitas yang tinggi untuk mempertahankan kesehatan fisik dan juga kesehatan janin. Oleh sebab itu, konsumsi jeruk akan membantu Anda mendapatkan imunitas tubuh yang kuat.

    Sumber Kandungan Folat

    Selain vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan folat yang bermanfaat bagi perkembangan sistem syaraf dan pembentukan tabung syaraf selama kehamilan di trimester pertama. Konsumsi jeruk yang mengandung sedikitnya 40 mcg folat setidaknya akan membantu Anda memenuhi kebutuhan folat harian Anda (sekitar 600 mcg per hari).

    Membantu Memelihara Tekanan Darah

    Saat hamil, kita seringkali mengalami masalah tekanan darah yang naik turun. Jeruk yang memiliki kandungan kalium ± 338 mg dalam 100 gram-nya akan membantu untuk mengatur tekanan darah Anda agar tetap stabil.

    Membantu Merasa Kenyang

    Jeruk bisa menjadi camilan yang sangat sehat untuk ibu hamil. Jeruk tidak mengandung lemak, selain itu jeruk juga memiliki jumlah kalori yang rendah. Hal ini membuat jeruk bisa menjadi alternatif enak untuk camilan Anda selama hamil dan membantu Anda merasa kenyang tanpa harus khawatir mengalami kegemukan saat hamil.

    Mengatasi Dehidrasi

    Jeruk yang mengandung vitamin C tinggi dan banyak mengandung air memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Ibu hamil muda yang sering mengalami masalah mual dan muntah bisa menjadikan jeruk alternatif yang lezat untuk meminimalisir rasa mual dan muntah, dan mengatasi kemungkinan terjadinya dehidrasi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jeruk selama masa kehamilan muda. Tapi, perlu diingat, meski jeruk memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan, Anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya ya. Sebab, konsumsi jeruk dalam jumlah yang berlebihan justru tidak baik bagi kehamilan Anda. So, be moderate in consuming your daily nutrition and stay healthy, Bunda!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading