Sukses

Parenting

Jangan Abaikan! Ibu Hamil Butuh Banyak Zat Besi

Ladies, selama masa kehamilan, kamu tentu sangat membutuhkan zat besi yang lebih banyak. Mengapa demikian? Ketika hamil, jumlah darah pada tubuh akan meningkat lebih banyak, maka dari itu tubuh butuh banyak zat besi untuk pembentukan hemoglobin.

Menurut dokter Evoni Kawiharja dari Spatone, kekurangan zat besi jangka pendek dapat menyebabkan defisiensi zat besi yang akhirnya harus mengambil cadangan zat besi dari organ tubuh lain, misalnya hati, limpa, dan sumsum tulang.

"Dan kekurangan zat besi jangka panjang dapat menyebabkan anemia selama masa kehamilan sehingga membuat berat lahir bayi rendah, bahkan parahnya menyebabkan kematian pada bayi Anda," kata dr Evoni kepada Vemale di kawasan Senopati Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan hemoglobin (HB) wanita normal mencapai 12-14 gr/dl, sedangkan HB wanita hamil adalah sekitar 11,8-12 gr/dl. Jika sudah di bawah 11gr/dl, maka harus diperhatikan kondisi zat besi di dalam tubuh, apakah sudah terasup dengan baik atau belum.

copyright by Vemale.com

"Kekurangan zat besi pada ibu hamil, dapat menyebabkan pendarahan, bahkan pada bayi dapat menyebabkan berat badan lahir rendah. Oleh karena itu pada masa tersebut, kita harus menyadari pentingnya asupan zat besi pada ibu hamil," tegasnya.

Asupan zat besi yang dibutuhkan sangat berperan penting demi menjaga stamina ibu dan perkembangan janin. Zat besi tersebut bisa diperoleh dari sayur atau pun buah-buahan yang berwarna gelap. Lalu yang dapat membuat penyerapan zat besi terhambat dengan mengonsumsi makanan berserat serta obat-obatan.

"Brokoli sangat sulit di serap, selain buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna gelap, disarankan untuk menambah zat besi minumlah Spatone Liquid Iron," tutup dr Evoni.

Nah, itu dia yang perlu diperhatikan ibu hamil saat harus memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Jangan sampai masa kehamilan jadi masa yang membuat kamu sakit ya.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading