Sukses

Parenting

Kapan dan Sesering Apakah Bayi Harus "Menendang"?

Apakah Anda saat ini sedang menanti-nanti tendangan pertama dari si kecil dalam kandungan? Atau, justru Anda sedang khawatir kenapa bayi di dalam perut Anda tak juga menendang sampai sekarang? Wajar saja. Sebab, salah satu hal yang paling ditunggu saat hamil adalah merasakan tendangan pertama kali dari calon bayi yang berada dalam kandungan kita.

Tapi, Anda tidak perlu terlalu parno jika bayi dalam kandungan Anda tidak juga menunjukkan pergerakannya dengan mulai menendang dalam perut. Sebab, gerakan bayi dalam kandungan ini selalu bervariasi dari kehamilan satu ke kehamilan lainnya.

Secara umum, kita akan merasakan pergerakan bayi dalam perut ketika kehamilan mulai memasuki usia antara 16 - 22 minggu. Seperti dilansir dalam laman www.justmommies.com, meskipun pertumbuhan lengan dan kaki cukup cepat dan bayi ternyata bergerak lebih cepat, biasanya gerakan ini tidak akan cukup kuat untuk kita rasakan sampai usia calon bayi kita memasuki trisemester kedua kehamilan.

Nah, berikut ini beberapa informasi yang perlu Anda cermati saat bayi Anda mulai menendang.

  • Bagaimana rasanya? Quickening adalah istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan gerakan bayi dalam perut yang dirasakan oleh calon ibu. Quickening ini bisa dideskripsikan sebagai gerakan yang membuat geli. Namun, seiring dengan bertambah kuatnya gerakan bayi, gerakannya akan lebih mirip seperti tendangan ringan di dalam perut.

 

  • Seberapa aktif bayi kita seharusnya? Gerakan bayi dalam kandungan bervariasi. Beberapa bayi cenderung sangat aktif ketika masih berada dalam kandungan. Sedangkan beberapa yang lain tidak. Di awal bayi kita mulai menunjukkan pergerakan, sangat normal jika kita tidak bisa merasakannya setiap hari. Tapi, seiring dengan gerakannya yang semakin kuat dan usia kandungan yang semakin besar, Anda seharusnya merasakan gerakan bayi di dalam perut setiap hari. Frekuensi gerakan bayi ini biasanya dipengaruhi oleh jam tidur, suara, dan level kegiatan harian kita.

 

  • Kapan kita harus menghubungi dokter? Jika usia kandungan Anda sudah mulai membesar dan gerakan bayi di dalam perut Anda kurang dari 10 kali dalam 2 jam, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter kandungan Anda. Begitu juga jika gerakan bayi bertambah lambat dari hari ke hari, Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.


Nah, itulah beberapa informasi tentang gerakan bayi dalam perut selama kehamilan kita. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading