Sukses

Parenting

Mangga, Buah Super Enak yang Bermanfaat Bagi Kehamilan

Mengidam selama hamil merupakan salah satu indikasi yang diberikan oleh tubuh bahwa tubuh membutuhkan nutrisi atau zat tertentu. Salah satu jenis makanan yang paling sering menjadi bahan mengidam ini adalah mangga. Selain karena rasanya yang super enak, mengidam mangga ini ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi kehamilan. Sebab, mangga adalah buah yang kaya akan manfaat dan bagi kesehatan karena kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya yang melimpah.

Dilansir dari laman www.babycenter.in, mangga adalah buah yang tinggi akan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting yang paling banyak dibutuhkan oleh wanita selama masa kehamilannya. Sebab, kekurangan asupan vitamin A selama masa kehamilan akan sengat berbahaya bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya. Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata calon ibu dan janin, vitamin A juga bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan dari calon ibu dan bayi dalam rahimnya.

Eits. Manfaat kandungan vitamin A dalam mangga tidak hanya itu lho, Bunda. Sebab, ternyata kandungan vitamin A dalam buah mangga juga membantu proses tumbuh kembang organ tubuh janin dalam kandungan Anda, seperti organ pernafasan, jantung, ginjal, dan tulang. Selain itu, vitamin A juga membantu perkembangan syaraf kognitif dan motorik dari calon bayi.

Pro-vitamin A atau karoten yang banyak terkandung dalam mangga juga sangat bermanfaat. Salah satu manfaat karoten ini adalah untuk mencegah calon ibu dari infeksi berbagai macam penyakit. Sebab, selama hamil kita menjadi lebih rentan terhadap serangan infeksi virus dan bakteri penyakit.

Dengan manfaat kandungan vitamin A yang berlimpah inilah, maka tidak heran jika sebagian besar wanita hamil sering megalami ngidam mangga. Hal ini mungkin disebabkan karena tubuh membutuhkan asupan vitamin A yang berlimpah yang terdapat dalam buah mangga.

Meski aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan kita selama kehamilan, namun kita tetap harus memperhatikan mangga yang kita konsumsi. Sebab, mangga yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan adalah mangga yang benar-benar matang, bukan mangga yang dimatangkan dengan zat kimia karbit.

Mangga yang dimatangkan menggunakan karbit dapat menjadi racun bagi Anda dan juga bayi dalam kandungan. Hal ini disebabkan karena karbit mengandung arsen yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan juga janin. Beberapa efek samping dari mengonsumsi mangga yang dimatangkan dengan karbit adalah mual dan muntah, pusing, mood swings, ngantuk, sariwan dalam mulut, sampai keracunan.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk benar-benar teliti dalam membeli buah mangga di pasaran. Meski sedang sangat ingin makan mangga saat ngidam, pastikan untuk tidak tergoda dengan mangga yang dimatangkan dengan karbit ya. Salah satu cara untuk membedakan mangga masak pohon dan mangga karbitan adalah dari bau yang dikeluarkan oleh mangga tersebut. Mangga masak pohon cenderung memiliki wangi yang khas, sementara mangga karbitan kebanyakan tidak berbau.

Nah, setelah mengetahui manfaat dari mangga ini, Anda tentu tidak perlu khawatir lagi jika mengidam mangga saat hamil. Selain itu, pastikan untuk teliti dalam membeli mangga agar Anda terhindar dari resiko keracunan akibat memakan mangga yang dimatangkan dengan karbit. Semoga kehamilan Anda lancar sampai saat melahirkan nanti ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading