Sukses

Parenting

Hamil Di Usia 30-34 tahun? Yuk Ketahui Risikonya Ladies

Banyak wanita masa kini yang bukan hanya menjadi ibu rumah tangga namun juga jadi wanita karir yang aktif sekali. Hal ini merupakan suatu kemajuan yang bagus bagi generasi wanita, tapi karir seringkali jadi penghalang para wanita untuk hamil di usia muda.

Karena mengejar kesuksesan di bidang karir, seringkali para wanita harus menunda untuk hamil dan kemudian baru memutuskan mengandung pada usia 30 tahun ke atas. Padahal hamil di usia 30-34 tahun tidak dianjurkan lho oleh dokter karena berbagai hal. Nah, ingin tahu apa yang mungkin kamu hadapi saat hamil di usia ini? Seperti dilansir dari parenting.com, berikut ini 3 hal yang perlu kamu pahami saat hamil di usia 30-34 tahun.

    Tubuh kamu

    Kesuburan wanita mulai menurun pada usia 30, tapi perubahan ini terjadi secara bertahap, selama lima tahun ke depan dan seterusnya. Karena kesuburan tubuh kamu mulai berkurang, ada kemungkinan kamu butuh treatment meningkatkan kesuburan untuk bisa mengandung bayi di usia ini.

    Untuk wanita di bawah usia 35 tahun, tingkat keberhasilan fertilisasi in vitro adalah sekitar 25-28%, dan persentase ini akan turun saat usia memasuki 30-34 tahun. Bukan hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa potensi melahirkan dengan operasi cesar ternyata dua kali lebih tinggi pada wanita usia 30-34 dibandingkan mereka yang berusia 20-an.

    Emosi diri

    Jika secara tubuh, wanita lebih siap hamil di usia 20 tahun-an, secara emosional wanita lebih siap untuk hamil di usia ini. Karena di usia inilah seringkali wanita menyadari betapa pentingnya punya anak dan ingin mengembangkan kehidupan rumah tangganya setelah berhasil dalam hal karir. Namun wanita juga sadar serta khawatir apakah tubuhnya masih bisa mengandung anak.

    Risiko terhadap bayi

    Risiko yang dihadapi bayi saat kamu hamil di usia 30-34 tahun adalah tingkat keguguran yang cukup tinggi, yaitu 11,7% dibanding saat kamu berusia 20 tahun-an. Di samping itu, risiko bayi mengalami Down Syndrome dan lahir dengan kelainan atau cacat juga meningkat.

Nah, itu dia yang perlu kamu perhatikan jika ingin hamil di usia 30-34 tahun. Memang hamil di usia ini sangat berisiko, tapi bukan berarti kamu tak punya harapan. Selalu konsultasikan dahulu kesehatan kamu sebelum mulai hamil dan jaga pola hidup yang sehat ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading