Sukses

Parenting

Nyeri dan Gatal Pada Bekas Jahitan Operasi Caesar, Harus Bagaimana?

PR penting setelah menjalani operasi caesar adalah menjaga agar jahitan operasi tetap kering dan steril pascaoperasi. Hal ini penting untuk menjaga agar tidak terjadi infeksi atau bahkan robekan yang berakibat pada pendarahan di area miss V.

Seperti dilansir dari laman www.welcomebabyhome.com, proses pemulihan pascaoperasi caesar lebih bertahap daripada melahirkan normal. Anda juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup pascaoperasi, hal ini penting agar jahitan Anda tidak terlalu banyak mendapatkan guncangan yang bisa mengakibatkan terjadinya robekan serta pendarahan.

Selain itu, pada hari-hari awal pascaoperasi caesar Anda mungkin mendapati memar serta nyeri pada bekas jahitan Anda, yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Memar dan nyeri biasa terjadi pada jahitan pascaoperasi caesar, dan hal ini akan berlanjut diikuti rasa gatal setelah jahitan dicabut.

So, jika tidak ingin terjadi infeksi pada bekas luka Anda, jangan pernah tergoda untuk menggaruk bekas luka tersebut ya, Bunda. Di samping itu, Anda disarankan untuk tidak menggunakan krim apapun untuk meredakan rasa gatal pada bekas luka Anda selain krim antiseptik yang telah disarankan oleh dokter. Sebab, penggunaan krim yang sembarangan bisa jadi berakibat pada infeksi.

Jika Anda melihat kelainan terjadi pada bekas luka Anda, misal mulai meradang dan bernanah, segeralah berkonsultasi pada dokter Anda untuk mencegah terjadinya akibat yang lebih fatal.

Nah, sekarang Anda sudah tidak perlu panik jika luka jahitan Anda terasa nyeri dan gatal ya. Tetap tenang dan bersihkan dengan cairan antiseptik seperti biasanya untuk menjaga luka tetap steril. Jika prosedur pembersihan luka ini Anda lakukan dengan benar dan diimbangi dengan konsumsi sayur-mayur yang mempercepat proses penyembuhan, pasti proses penyembuhan Anda akan lebih cepat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading