Sukses

Parenting

Ladies, Mari Kenali 8 Tanda Bahwa Anda Sedang Hamil Muda

Mengandung atau hamil merupakan salah satu moment penting dan begitu berharga bagi setiap wanita. Tidak hanya pada wanita, kehamilan juga membuat suami dan keluarga besar merasa sangat bahagia, bangga serta penuh suka cita. Pada saat seseorang sedang mengandung, ada banyak hal yang perlu ia perhatikan demi menjaga kesehatan dan kekuatan janin di dalam kandungan.

Tapi uniknya, tidak sedikit calon ibu yang tidak sadar bahwa dirinya sedang mengandung dan kurang memperhatikan kandungannya di minggu-minggu pertama kehamilan. Lalu, bagaimana cara untuk menyadari bahwa seseorang sedang mengandung? Dilansir dari laman parents.com, ada beberapa tanda yang umum bisa dirasakan oleh wanita ketika sedang hamil muda. Dan tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

(vem/mim)

Mual Hingga Muntah-Muntah

Pada umumnya, wanita yang sedang hamil muda akan merasa mual hingga mengalami muntah-muntah. Mual dan muntah ini sendiri bisa terjadi di pagi hari atau malam hari. Perasaan mual juga bisa dirasakan ketika seseorang mencium bau tertentu yang dulunya tidak pernah mengganggu. Kini, bau tersebut menjadi sangat mengganggu dan membuat perut menjadi mual.

Sering Buang Air Kecil
Jika Anda sudah menikah, tidak melakukan KB dan dalam program memiliki momongan serta sering kali buang air kecil, bisa jadi Anda saat ini sedang mengandung. Tanda bahwa seseorang sedang mengandung yang paling sering terjadi adalah intensitas buang air kecil yang meningkat dari biasanya.

Terlambat Menstruasi

Salah satu tanda yang paling jelas ketika seseorang mengandung adalah terlambat menstruasi. Tapi jangan salah Ladies, terlambat menstruasi tidak selamanya mengandung. Ada beberapa hal yang bisa membuat menstruasi datang terlambat seperti stres, perubahan hormon dan kesehatan yang terganggu.

Pusing (Sakit Kepala)
Tanda kehamilan selanjutnya adalah pusing atau sakit kepala. Pusing ini sering kali disebabkan oleh faktor fisik yang semakin lemah, lelah, mual, lapar dan tekanan darah yang rendah ketika hamil muda.

Mudah Lelah

Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron pada tubuh seseorang akan meningkat. Karena peningkatan inilah, tubuh akan merasa mudah lelah, capek, mudah emosi dan mengantuk. Jika Anda mengalami tanda ini dan terlambat datang bulan, bisa jadi Anda sedang hamil muda.

Payudara Lebih Besar Dan Lembut Dari Biasanya
Study menyebutkan jika sebagai besar wanita yang sedang mengandung akan mengalami perubahan di payudaranya. Pada awal kehamilan, payudara akan terlihat lebih besar alias membengkak dan juga menjadi lebih lembut atau halus. Bukan hanya itu saja, payudara juga akan terasa lebih sensitif atau nyeri dari biasanya.

Kram Perut

Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa wanita yang sedang hamil muda mengalami kram perut. Kram perut sendiri biasanya akan terjadi secara teratur dan berlanjut hingga pada kehamilan trisemester kedua.

Sembelit
Untuk beberapa calon ibu, akan mengalami sembelit ketika ia hamil muda. Sembelit ini sendiri terjadi karena meningkatnya jumlah hormon progesteron. Peningkatan hormon ini dipercaya dapat mengendurkan otot rahim dan beberapa otot dinding usus sehingga memicu sembelit atau susah buang air besar.

Ladies, itulah beberapa tanda ketika seseorang sedang hamil muda. Selain tanda di atas, tanda lain dari seseorang yang sedang hamil muda adalah mengidam, sakit punggung, sensitif terhadap bau dan makanan tertentu, sering meludah (hipersalivasi), naiknya temperatur basal tubuh dan perubahan bentuk tubuh menjadi semakin gemuk dari biasanya.

Sekian informasi seputar tanda kehamilan yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Jika ingin tahu lebih jelas apakah Anda sedang hamil atau tidak, pastikan untuk melakukan tes kehamilan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading