Sukses

Parenting

Kurang Tidur Saat Hamil Bisa Membahayakan Perkembangan Bayi? Ini Jawabannya

Saat hamil, calon ibu biasanya akan mengalami kesulitan tidur. Hal ini sangat wajar, karena ada perubahan yang terjadi di dalam perut yang menekan diafragma sehingga membuat calon ibu kesulitan bernafas dan merasa berat saat harus tidur telentang. Sedangkan tidur menyamping seringkali membuat tubuh lelah.

Karena hal ini, seringkali calon ibu kurang tidur, padahal tidur adalah cara terbaik mengembalikan energi tubuh setelah seharian lelah menjalani aktivitas. Kurang tidur sendiri bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, hal ini lah yang kemudian membuat para calon ibu khawatir, apakah kurang tidur juga bisa membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan?

Dilansir dari babycenter.com, Anda tidak perlu khawatir soal itu Ladies, karena bayi di dalam perut tetap bisa tidur dengan nyaman meski Anda terjaga hingga pagi. Belum ada hasil penelitian yang bisa menjelaskan mengapa siklus tidur bayi dalam kandungan tidak punya hubungan langsung dan tidak terpengaruh oleh kondisi ibu. Namun hal ini justru bisa membuat Anda lebih santai karena tak perlu memikirkan apakah bayi Anda juga kurang tidur di dalam sana.

Bukan berarti mereka tidak terpengaruh dengan suara dan goncangan yang ada di luar sana, seperti Anda terganggu dengan suara bising saat tidur. Namun rahim Anda sangat luar biasa menjaga bayi di dalam sana. Suara bising dan goncangan teredam dan terhalang oleh otot, lapisan kulit dan berbagai hal lainnya sehingga bayi tak mengalami banyak gangguan.

Meski begitu, bukan berarti kurang tidur untuk ibu hamil tidak memiliki risiko sama sekali. Risiko yang paling utama yang bisa terjadi saat Anda kurang tidur 6 jam per harinya selama beberapa bulan terakhir sebelum persalinan adalah kemungkinan Anda menjalani persalinan operasi cesar atau persalinan yang lebih lama dari wanita yang mendapat waktu tidur normal. Jadi, tetap utamakan tidur 8 jam per hari ya Ladies, untuk menghindari masalah kehamilan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading