Sukses

Parenting

Manfaat Minum Susu Sapi Segar Selama Masa Kehamilan

Susu sapi, atau produk olahan susu sapi ternyata memiliki nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Meskipun nutrisi-nutrisi tersebut juga bisa didapatkan dari sumber lain, namun mengkonsumsi susu selama masa kehamilan seringkali dihubungkan dengan kehamilan yang lebih baik, serta bayi yang lebih sehat, seperti yang dilansir oleh livestrong.com.

Menurut rekomendasi dari USDA, wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi 3 gelas susu atau produk olahan susu setiap hari. Namun, akan lebih baik jika memilih susu non-fat atau low-fat, karena lemak pada susu murni mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan. Susu mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat baik untuk kehamilan, di antaranya adalah berikut ini.

[bullet]

Kalsium

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat penting untuk ibu hamil. Jika Anda tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kalsium seperti susu, tulang Anda akan kehilangan banyak kalsium, karena digunakan untuk mencukupi kebutuhan kalsium pada janin Anda. Selama masa kehamilan, ibu hamil dengan usia di atas 19 tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari, sedangkan ibu hamil di bawah usia 19 tahun membutuhkan 1.300 mg kalsium per hari. Satu gelas susu rendah lemak mengandung 305 mg kalsium, jadi minum 3 gelas susu rendah lemak per hari akan mencukupi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan Anda.

Protein

Susu merupakan sumber protein yang menjanjikan, dengan kandungan 8,22 gram protein dalam satu gelas susu rendah lemak. Sementara protein sendiri memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehamilan, antara lain memperkuat rahim, melancarkan aliran darah, mendukung perkembangan payudara, serta membantu perkembangan jaringan-jaringan pada bayi. Menurut Ohio State University, asupan protein yang cukup selama kehamilan dapat menambah berat badan bayi serta mengurangi masalah kesehatan pada bayi. Seiring dengan memenuhi kebutuhan kalsium, minum 3 gelas susu per hari juga dapat memenuhi kebutuhan protein untuk kehamilan Anda.

Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk ibu hamil karena vitamin D berfungsi untuk mencegah terjadinya berbagai masalah pada tulang  bayi, serta mencegah bayi lahir dengan berat terlalu ringan. Menurut suatu penelitian yang dipublikasikan dalam "Canadian Medical Association Journal" pada tahun 2006, nutrisi lain mungkin saja dipenuhi dari sumber makanan lain, namun vitamin D akan dapat terpenuhi dengan baik melalui mengkonsumsi susu. Untuk mencukupi 59% kebutuhan vitamin D sebanyak 600 Iu per hari, Anda bisa mengkonsumsi 3 gelas susu rendah lemak per hari, di mana satu gelasnya mengandung 117 IU vitamin D.

Jadi, dengan mengkonsumsi 3 gelas susu per hari selama masa kehamilan, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan dan janin Anda. Namun jangan lupa, usahakan susu yang Anda konsumsi adalah susu rendah lemak atau tanpa lemak ya Ladies. Semoga kehamilan Anda lancar.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading