Sukses

Parenting

5 Nutrisi Penting Untuk Menjaga Kesehatan Kandungan

Menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan merupakan hal yang sangat penting. Bahkan bukan hanya menjaga kesehatan si calon ibu saja, namun juga kesehatan janin. Meskipun memang benar bahwa Anda "makan untuk dua orang", namun bukan berarti Anda boleh sembarangan makan. Nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan calon bayi Anda tidak hanya berasal dari suplemen dan susu kehamilan, tap juga dari makanan sehat Anda sehari-hari. Nutrisi penting apa saja yang wajib Anda penuhi selama masa kehamilan? Berikut ini informasinya yang dilansir oleh womenshealthmag.com.

    Asam Folat

    Dikandung dalam: kacang-kacangan, golongan jeruk, sayuran hijau.

    Asam folat berfungsi untuk membantu perkembangan sistem otak bayi, sejak awal kehamilan. Bahkan, wanita juga disarankan memperbanyak konsumsi asam folat sebelum memasuki masa kehamilan, karena proses perkembangan sistem otak terjadi pada bulan pertama kehamilan.

    Zat Besi

    Dikandung dalam: Kacang-kacangan, kacang merah, tiram, biji wijen dan bayam.

    Hampir sama dengan asam folat, zat besi juga bagus dalam membantu perkembangan kesehatan otak bayi. Dan Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi bersamaan dengan makan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk atau tomat, agar zat besi lebih mudah terserap.

    Kalsium

    Dikandung dalam: Susu, keju, yogurt, brokoli, dan sayuran hijau gelap.

    Kalsium seringkali dihubungkan dengan tulang dan gigi ya Ladies. Begitu juga dengan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil, sangat berguna untuk membantu perkembangan tulang bayi dalam kandungan. Disarankan Anda mengkonsumsi 1.000 miligram kalsium per hari. Jika Anda alergi pada susu dan hasil olahan susu, sayuran berwarna hijau gelap bisa jadi pilihan.

    Vitamin B6

    Dikandung dalam: ayam, kalkun, bayam, wortel, beras cokelat, dan biji bunga matahari.

    Vitamin B6 memiliki fungsi untuk mengatur regulasi hormon, yang berarti dapat mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu hamil. Bukan hanya itu, vitamin B6 juga berperan dalam perkembangan berbagai sistem dalam tubuh si bayi, termasuk sistem otak.

    Asam Lemak Omega-3

    Dikandung dalam: edamame, kacang kenari, daging sapi organik, dan ikan yang mengandung banyak asam lemak, misalnya salmon atau sarden.

    Dipercaya mampu menguatkan rahim serta janin, ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 baik sebelum mengandung, saat mengandung, maupun saat menyusui. Anda juga boleh mendapatkan asupan omega-3 dari suplemen.

Namun bukan berarti Anda hanya makan-makanan yang disarankan di atas ya Ladies. Berbagai vitamin dan mineral juga tetap Anda butuhkan. Namun ingat, perbanyak makanan sehat saja ya Ladies. Semoga kehamilan Anda lancar.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading