Sukses

Parenting

5 Cara Jitu Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Bagi orang tua baru, terkadang merawat buah hati yang masih bayi akan cukup kesulitan apalagi jika buah hati itu adalah buah hati pertama. Pada dasarnya, merawat buah hati yang masih bayi atau anak-anak sangat butuh kesabaran ekstra. Orang tua perlu bersabar untuk memberinya makan dan minum, memandikannya saat pagi dan sore serta menidurkannya saat malam.

Dilansir dari laman parenting.com, agar bayi bisa tidur nyenyak di malam hari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

    Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

    Memandikan bayi dengan air hangat adalah cara paling mudah sekaligus paling jitu agar bayi bisa tidur dengan nyenyak. Air hangat bisa membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tenang. Ketika ia tenang, bisa dipastikan ia bisa istirahat atau tidur dengan baik. Saat mandi, sertakan memberikan pijatan pelan agar tubuh bayi makin rileks dan tenang.

    Susui Bayi Sebelum Tidur

    Pastikan agar bayi dalam kondisi kenyang saat tidur. Untuk membuat buah hati Anda cukup kenyang, berilah makan atau susui bayi Anda sebelum tidur. Jangan biarkan buah hati dalam keadaan lapar ketika tidur karena hal ini akan mengganggunya dan tidak jarang membuatnya menjadi rewel.

    Temani Bayi Anda Saat Tidur

    Usahakan agar orang tua berada di samping bayi saat ia tertidur. Bayi yang tidur dan ditemani orang tuanya akan lebih tenang, lebih pulas dan lebih nyaman saat tidur. Bayi akan merasa aman ketika di sampingnya ia melihat orang tuanya. Tak hanya makin nyenyak, bayi yang ditemani orang tua saat tidur juga akan semakin percaya diri dan mendapatkan tumbuh kembang fisik maupun psikologis yang baik.

    Pastikan Tempat Tidur Bersih Dan Wangi

    Usahakan agar tempat tidur bayi selalu bersih dan wangi. Kebersihan tempat tidur menjadi jaminan utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Selain bersih, usahakan untuk membuat suasana tempat tidur yang nyaman dan wangi. Bila perlu, beri wewangian alami (minyak lavender) agar buah hati makin rileks saat tidur.

    Lampu

    Berikan suasana paling nyaman dan tenang pada bayi saat tidur di malam hari. Dan untuk menciptakan suasana paling nyaman ini salah satunya adalah keberadaan lampu. Usahakan agar buah hati tidur di bawah nyala lampu yang hangat. Hindari menidurkan bayi di bawah sinar lampu yang terlalu terang karena hal ini bisa memicu ketidaknyamanan. Lampu untuk bayi cukup lampu yang redup namun hangat dan nyaman.

Itulah beberapa cara jitu agar bayi tidur nyenyak di malam hari. Selain cara di atas, cara lain yang bisa dilakukan adalah biarkan bayi tidur dengan popok yang berdaya serap tinggi, pastikan waktu tidur bayi konsisten dan perdengarkan musik pengantar tidur untuk bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading