Sukses

Beauty

Semakin Tua Umur, Tulang Semakin Rapuh? Ini Cara Mengatasinya

Banyak orang tua berkata bahwa tulang mereka tidak sekuat dulu saat masih muda, oleh karena itu orang tua tidak boleh mengangkat barang-barang berat untuk kebaikan tulang dan sendi mereka. Namun benarkah bahwa tulang semakin rapuh saat Anda bertambah tua?

Dilansir dari boldsky.com, setelah melakukan banyak penelitian, ahli kesehatan telah mengonfirmasi bahwa memang benar tulang akan kehilangan kekuatan dan kepadatannya seiring bertambahnya umur. Setelah melewati usia 45 tahun, tulang Anda secara berkala akan kehilangan kepadatan dan kekuatannya.

Bukan hanya kepadatan tulang saja yang berkurang, otot dan sendi pun mengalami kemunduran dan melemah seiring bertambahnya umur. Itulah mengapa, semakin tua orang, Anda akan menyadari bahwa semakin pendek orang tersebut. Orang-orang tua yang dulunya sangat tinggi jadi terlihat agak pendek. Ini karena tulang mereka yang mengalami densitas (pemendekkan) diiringi kemampuan otot dan sendi mereka.

Mengapa tulang bisa memendek saat seseorang bertambah tua? Para ahli kesehatan mengatakan, sebab di balik hal itu adalah kurangnya simpanan kalsium di dalam tulang dan kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan orang tersebut. Itulah mengapa, dokter sering menyarankan pada orang-orang tua untuk lebih banyak makan makanan berkalsium dan berolahraga rutin untuk menjaga fungsi otot serta tulang mereka.

Saat olahraga di luar rumah, tubuh akan terkena sinar matahari dan mendapat vitamin D yang cukup. Hal ini juga akan membantu penyerapan kalsium di dalam tulang sehingga bisa mencegah keropos tulang.
 
Selain olahraga, pastikan Anda mendapat asupan kalsium dari berbagai makanan seperti susu, brokoli, sayuran hijau, dan ikan laut yang kaya omega-3. Berhenti minum alkohol dan merokok karena bisa menghambat penyerapan kalsium dan mempercepat kerusakan tulang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading