Sukses

Parenting

Tips Mengenalkan Makanan Pada Anak yang Suka Memilih Makanan

Makan makanan padat merupakan pengalaman yang baru bagi balita sehingga tak heran bila mereka suka memilih-milih makanan. Balita memerlukan waktu untuk mengenal berbagai macam rasa, bentuk, tekstur, dan warna dari sebuah makanan yang baru saja ia ketahui.

Bunda yang memiliki buah hati yang suka pilih-pilih makanan tentu sering dibuat khawatir jika ia tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Namun, ketahuilah bahwa anak memiliki perasaan yang kuat untuk mengetahui seberapa banyak makanan yang tubuhnya butuhkan.

Maka dari itu, tugas Bunda adalah memberi banyak pilihan makanan yang sehat dan menyiapkan suasana yang menyenangkan pada saat waktu makan. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengenalkan berbagai jenis makanan pada anak seperti yang dilangsir dari laman babycenter.com.

• Buatlah jadwal makan yang baik dan teratur agar buah hati Anda memiliki jadwal makan 3 kali sehari dan waktu makan camilan 2 kali sehari. Memastikan anak memiliki jadwal makan dan makan camilan yang teratur akan membantu Bunda mengetahui ia hanya makan saat lapar dan mencegah ia makan terlalu banyak camilan sehingga hanya sedikit makan nasi.

• Sajikan berbagai macam jenis makanan yang sehat dan berbeda setiap kali buah hati Anda makan. Saat Bunda menawarkan makanan baru padanya, biarkan saja makanan tersebut ada di piringnya tanpa membicarakan banyak tentang makanan tersebut. Si kecil akan lebih tertarik mencoba makanan baru atas keinginannya sendiri daripada dipaksa.

• Saat Bunda mengenalkan makanan baru untuk si kecil, pastikan Anda menyajikan satu jenis makanan baru dan dalam jumlah yang sedikit. Jangan lupa untuk selalu menyajikan makanan baru bersama dengan makanan yang ia sukai. Dengan begini, anak tidak akan merasa asing dengan makanan yang baru ia kenal sehingga ia mau mencoba makanan baru tersebut.

• Cobalah untuk berencana mengenalkan sebuah makanan baru saat si kecil sedang lapar. Seperti misalnya saat ia sedang lapar menjelang makan siang, maka Bunda bisa memberikan irisan buah mangga yang terlihat sangat menggiurkan di siang hari sebagai camilan sebelum makan siang. Hindari memberikan camilan yang tidak sehat seperti keripik atau permen.

• Jangan lupa untuk menyajikan makanan pada si kecil sesuai dengan porsi balita, yakni ¼ dari porsi makan orang dewasa. Porsi daging sapi untuk balita berusia 1 tahun adalah sekitar sebesar genggaman tangannya dan porsi untuk sayuran hanya sekitar 1 – 2 sendok makan. Porsi yang terlalu banyak bisa membuat si kecil enggan makan atau justru makan terlalu banyak.

Jadi, Bunda sudah siap mengenalkan berbagai jenis makanan pada si kecil?

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading