Sukses

Parenting

Yuk Mengenalkan Makanan Pada Si Kecil yang Susah Makan

Bunda sekalian, ketahuilah bahwa sangat normal bagi anak-anak yang masih balita untuk memiliki kebiasaan yang berubah-ubah. Makan makanan padat merupakan pengalaman yang baru bagi mereka. Balita pun memerlukan waktu untuk mengenal setiap rasa, bentuk, tekstur, serta warna tiap makanan.

Tak jarang si kecil menjadi suka pilih-pilih makanan karena ia masih mencoba berbagai makanan yang baru ia kenal. Bunda pun pasti dibuat khawatir karena takut si kecil tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup karena ia memilih-milih jenis makanan yang ia konsumsi.

Lalu, bagaimana ya menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan? Bunda tidak perlu bingung karena berikut ini ada beberapa tips untuk mengenalkan berbagai macam makanan pada anak yang suka pilih-pilih makanan seperti yang dilangsir dari laman babycenter.com.

• Biarkan saja buah hati Anda memilih makanan yang ingin ia makan karena anak-anak juga perlu merasa diberi kebebasan untuk memilih makanan yang ia sukai. Memaksakan makanan pada si kecil justru dapat membuat waktu makan menjadi tegang dan ia tidak mau makan. Bunda hanya perlu menyediakan berbagai pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk si kecil.

• Bunda, pahamilah bahwa setiap anak memiliki selera makan yang berbeda-beda. Ada anak yang tidak suka makanan karena tekstur, warna, dan rasa makanan tersebut sehingga ia pun tidak mau mencoba makanan yang baru ia kenal. Ada pula anak yang tidak mau makan suatu jenis makanan karena mengingatkannya pada saat ia sakit.

• Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dengan menambahkan tambahan nutrisi pada makanan yang ia sukai. Cobalah tambahkan irisan ayam pada macaroni pasta favoritnya, tumbukkan sayuran pada saus pasta, atau irisan buah pada sereal yang disukainya. Dengan demikian, si kecil tetap dapat makan makanan favoritnya tanpa kekurangan asupan nutrisi penting.

• Hindari menawarkan makanan manis sebagai salah satu usaha supaya anak mau makan. Sekali saja anak mencoba makan makanan yang manis, maka ia akan ketagihan untuk makan makanan manis tersebut. Bunda, jika Anda ingin membangun kebiasaan makan yang baik pada anak, maka jangan korbankan gigi dan kesehatan tubuh si kecil untuk makan makanan manis.

• Usahakan untuk mengurangi gangguan di meja makan pada saat waktu makan. Apabila kakak sedang lari-lari di dalam rumah atau ada suara TV yang sedang menyala, maka si kecil bisa kehilangan nafsu makan untuk melakukan kegiatan yang lain. Maka dari itu, Bunda perlu membuat waktu makan menjadi rileks dan tenang supaya si kecil dapat fokus untuk makan.

Semoga tips di atas dapat membantu Bunda.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading