Sukses

Parenting

Kapan Memberikan Makanan Pendamping ASI Kepada Buah Hati?

Makanan pendamping ASI adalah makanan tambahan yang diberikan kepada buah hati ketika ASI sudah tidak cukup lagi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Technically, makanan pendmaping ASI ini boleh diberikan kepada buah hati saat mereka berusia 6 bulan ke atas.

Namun jangan salah, beberapa bayi menunjukkan tanda-tanda mereka sudah siap untuk makanan pendamping ASI bahkan sebelum mereka menginjak usia setengah tahun.

Seperti dikutip dari laman webmd.com, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa buah hati anda sudah siap untuk diberikan makanan pendamping ASI.

Pertama, buah hati anda sudah bisa duduk sendiri dan menopang kepala serta lehernya dengan baik. Jika si kecil sudah bisa melakukan hal tersebut, ladies boleh memberikan makanan pendamping ASI kepadanya.

Kedua, ladies boleh memberikan makanan pendamping ASI ketika berat badan bayi anda sudah dua kali lipat dari berat badannya saat pertama kali ditimbang.

Tanda ketiga yang menunjukkan bahwa buah hati anda sudah siap untuk makan makanan pendamping ASI adalah dia sudah tertarik dengan makanan. Bagaimana ladies tahu si kecil sudah tertarik dengan makanan? Cobalah untuk memberikan makanan kepadanya. Jika buah hati anda berusaha untuk meraih makanan yang anda berikan tersebut dan dia berusaha untuk memasukkan makanan tersebut ke dalam mulutnya, itu artinya they are ready!

Saat buah hati anda disodori makanan, lihatnya bagaimana dia bereaksi terhadap makanan tersebut. Jika buah hati anda sudah mampu untuk menyimpan makanannya di dalam mulutnya (alih-alih mengeluarkannya, maka itu artinya dia sudah siap untuk makan makanan pendamping ASI.

Next, jika buah hati anda menunjukkan tanda-tanda dia masih lapar sekalipun anda sudah memberikan ASI, maka ini tandanya anda sudah saatnya memberikan makanan pendamping ASI kepada buah hati anda.

Nah, ladies jika buah hati sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut di atas, maka kini anda harus bersiap dengan makanan pendamping ASI. Pertanyaannya, makanan apa saja yang bisa diberikan kepada buah hati sebagai makanan pertamanya?

Jika ladies ingin praktis, maka anda bisa membeli sereal instan yang di jual di pasaran. Ada banyak sereal instan dengan beraneka rasa yang bisa ladies beli untuk buah hati anda. Namun ingat, ya, ladies pastikan bahwa sereal bayi yang anda beli itu sesuai dengan usia buah hati anda.

Sedangkan jika anda ingin membuat sendiri makanan pendamping ASI, cobalah untuk membuat sayuran atau buah-buahan yang dihaluskan. Misalnya, pisang yang dihaluskan dengan susu atau wortel rebus yang dihaluskan dan ditambah dengan kaldu ayam.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading