Sukses

Parenting

Seberapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Buah Hati Anda?

Salah satu zat yang dibutuhkan oleh balita untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya adalah vitamin C. Vitamin yang bisa ditemukan di dalam buah-buahan masam ini penting untuk menjaga kesehatan anak, terutama kesehatan gusi, tulang, sel darah, dan jaringan tubuh. Selain itu, berbagai jenis penyakit tidak akan mudah menyerang anak jika mereka cukup mendapatkan vitamin C.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, buah hati yang berusia 1 sampai 3 tahun membutuhkan vitamin C sebanyak 15 miligram setiap harinya. Sedangkan batas maksimal jumlah vitamin C yang boleh masuk ke dalam tubuh anak per harinya adalah 400 miligram.

Sedangkan jika buah hati ladies sudah lebih besar, yaitu berusia 4 tahun ke atas, maka jumlah vitamin C yang dibutuhkan pun juga lebih banyak, yaitu sekitar 25 miligram per hari. Dan batas tertinggi jumalh vitamin C yang dikonsumsi anak perharinya adalah 650 miligram.

Ladies tidak perlu kuatir buah hati anda tidak mendapatkan vitamin C dalam jumlah cukup jika buah hati anda menyukai buah-buahan. Pada dasarnya, kebanyakan jenis buah memiliki kandungan vitamin C; hanya jumlahnya yang berbeda.

Beberapa buah yang diketahui kaya akan vitamin C adalah sebagai berikut. Yang pertama adalah jeruk. Dalam setengah cup jus jeruk, jumlah vitamin Cnya sebanyak 50 miligram. Sedangkan di dalam jambu, jumlah vitamin Cnya ternyata lebih banyak, lho, ladies! Seperempat buah jambu sudah mengandung vitamin C sebanyak 82.5 miligram. Sedangkan di dalam papaya, jumlah vitamin Cnya sebanyak 47.5 gram dan di dalam mangga sebanyak 11 miligram.

Beberapa buah lain yang juga mengandung banyak vitamin C adalah pisang, tomat, stroberi, kiwi, dan anggur. So, mulai sekarang, rajin-rajin ya memberikan buah-buahan yang kaya vitamin C agar kebutuhan vitamin C harian anak bisa terpenuhi dnegan baik.

Ladies tidak perlu kuatir buah hati anda kelebihan asupan vitamin C ketika si kecil makan buah dalam jumlah yang banyak. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga kelebihan vitamin C di dalam tubuh anak akan dikeluarkan lewat urin.

Namun ketika ladies mendapati bahwa buah hati mengalami diare, mual, dan gastritis setelah makan banyak makanan yang mengandung vitamin C, itu tandanya si kecil terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C. Segera konsultasikan kepada dokter jika buah hati anda mengalami tanda-tanda kelebihan vitamin C.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading