Sukses

Parenting

Seberapa Pentingkah Kalsium Untuk Anak?

Salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan bayi dan balita adalah kalsium. Namun sayangnya banyak yang meremehkan nutrisi yang satu ini, sehingga tidak sedikit buah hati yang mengalami kekurangan kalsium.

Asupan kalsium bayi dan balita harus dipenuhi dengan baik karena pentingnya manfaat kalsium untuk tumbuh dan kembang anak. Beberapa manfaat kalsium adalah sebagai berikut: pertama kalisum membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan dalam menjaga dan meningkatkan kekuatan otot anak. Kalsium juga penting dalam aktivasi enzum yang mengubah makanan menjadi energi.

Mengingat bayi dan balita berada dalam masa pertumbuhan, maka jumlah kalsium yang mereka butuhkan juga tidak sedikit. Untuk balita berusia 1 sampai 3 tahun, jumlah kalsium yang mereka butuhkan mencapai 700 miligram per hari. So, apakah ladies sudah yakin kebutuhan kalsium anak sebanyak itu sudah terpenuhi?

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium buah hati anda, ladies bisa memberikan lebih banyak dairy products mulai sekarang. Susu, yogurt, dan keju adalah beberapa contoh dairy product yang kaya akan kalsium. Sebagai gambaran berikut ini jumlah kalsium yang terkandung di dalam beberapa dairy products.

Setengah cup plain yogurt mengandung 207 mg kalsium.
Setengah cup yogurt buah mengandung 122 sampai 192 mg kalsium.
Setengah cup susu sapi mengandung 150 mg kalsium.
Setengah ons keju cedar mengandung 102 mg kalsium.
Satu slice roti gandum mengandung 24 mg kalisum.
Dan setengah cup susu coklat mengandung 144 mg kalsium.

Agar buah hati ladies mendapatkan kalsium sejumlah yang dibutuhkannya, maka anda harus pintar-pintar dalam mengolah makanan yang akan anda berikan kepada si kecil. Pastikan bahwa makanan-makanan yang anda berikan mengandung kalsium yang tinggi. Berikut ini adalah cara untuk memaksimalkan asupan kalsium untuk anak.

Pertama, gunakan susu sebagai bahan campuran sereal dan sup anak.

Kedua, sebagai ganti susu formula biasa, cobalah untuk memakai susu evaporasi. Susu evaporasi mengandung kalsium dua kali lebih banyak dibandingkan susu biasa.

Ketiga, berikan anak menu fruit salad yang dicampur yogurt, smoothies yang terbuat dari buah dan susu, serta sayur-sayuran yang diolah bersama keju.

Next, pilihlah sereal, jus, dan roti yang mengandung banyak kalsium.

Terakhir, berikan vitamin D dalam jumlah yang cukup untuk membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading