Sukses

Beauty

5 Alasan Pentingnya Makan Kuning Telur

Banyak orang, terutama yang sudah lanjut usia, yang disarankan dokter untuk menghindari makan kuning telur karena bisa menyebabkan kadar kolesterol naik. Hal ini tidak salah, namun bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali, apalagi jika Anda punya tubuh sehat dan tidak sedang mengalami masalah kolesterol.

Karena dilansir dari boldsky.com, ada sekian alasan mengapa kuning telur penting dan memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti berikut ini.

    Peredaran darah

    Kuning telur kaya akan choline yang penting untuk kesehatan jantung dan peredaran darah yang lancar. Cholin membantu regulasi homositein (homocystein) yang jika berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

    Menurunkan kolesterol

    Kolesterol diproduksi setiap hari di dalam tubuh oleh liver atau hati. Ketika tubuh Anda sehat, makan banyak kuning telur justru akan membuat hati mengurangi produksi kolesterol dan bahkan menurunkan kadarnya dalam darah.

    Mengatasi radang

    Kuning telur memiliki banyak choline yang bisa mencegah inflamasi atau peradangan pada tubuh disebabkan karena berbagai hal. Kuning telur memenuhi nutrisi sehingga daya tahan tubuh lebih kuat.

    Cegah stroke

    Kuning telur juga bisa mencegah stroke karena pengaruhnya yang menyehatkan jantung dan melancarkan peredaran darah. Ini karena kandungan choline yang tinggi sehingga oksigen bisa diangkut dalam darah lebih banyak dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

    Kesehatan mata

    Tidak banyak yang tahu bahwa kuning telur juga penting untuk kesehatan mata. Nutrisi dalam kuning telur bisa mencegah katarak dan menjaga fungsi mata tetap optimal.

Tapi para orang tua tetap harus membatasi konsumsi kuning telur untuk menjaga kadar kolesterol dan mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mendapat nutrisi sehat pengganti makan kuning telur. Jika Anda sehat dan tidak memiliki masalah kolesterol, mengapa harus menghindarinya?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading