Sukses

Parenting

Ketahui Rahasia untuk Melatih Bayi Tidur

Sudah capek seharian bekerja, Anda dan suami masih harus terpaksa bangun tengah malam karena tangisan bayi Anda. Anda pun harus bangun untuk mengecek apakah si kecil sedang lapar, popoknya basah, atau ia hanya terbangun karena kaget. Padahal keesokan harinya jadwal Anda sudah padat dan butuh banyak istirahat.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar bayi dapat tidak terbangun di malam hari dan Bunda pun bisa tidur dengan nyenyak? Nah, berikut ini ada beberapa rahasia untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan jam tidur saat baru memiliki bayi seperti yang dilangsir dari situs parents.com.

Menggunakan jasa babysitter
Cara ini memang sedikit terdengar sebagai cara instan karena Bunda langsung menggunakan jasa babysitter untuk bangun di malam hari saat bayi menangis. Namun, cara ini bisa dibilang cukup efektif karena bagi Anda maupun suami tidak perlu lagi terbangun di malam hari saat bayi menangis sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Hanya saja Bunda perlu membicarakan hal ini dengan suami lebih dulu.

Tidak setiap tangisan menandakan bayi perlu digendong
Setelah bayi berusia 4 bulan, Bunda tentu akan belajar untuk mengenali berbagai macam suara tangisan yang dibuatnya serta arti dari tiap tangisan tersebut. Dari sini Bunda akan tahu mana suara tangisan si kecil saat lapar, popoknya basah, atau hanya sedang mengigau saa tidur. Dengan demikian, Bunda tidak perlu harus mengecek si kecil setiap mendengar tangisannya di malam hari.

Ciptakan rutinitas sebelum tidur
Tahan keinginan Anda untuk melatih bayi tidur hingga ia berumur 3 bulan. Namun, Bunda sudah bisa mengenalkan si kecil pada rutinitas sebelum tidur yang baik mulai dari hari pertama ia dilahirkan. Mandikan bayi sebelum tidur, beri ia cukup makan, bacakan cerita sebelum tidur, menyanyi nina bobo, dan redupkan lampu kamarnya.

Tidur siang yang cukup
Tanpa Bunda sadari ternyata tidur siang yang cukup dapat membantu bayi untuk mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas. Bayi yang tidak tidur siang akan merasa sangat lelah dan sering kali menjadi rewel karena ia sulit tidur di malam hari. Bayi di bawah 6 bulan membutuhkan 4 – 5 kali tidur siang, sedangkan di atas 6 bulan bayi membutuhkan 2 – 3 kali tidur siang.

Makan siang dengan teratur
Bayi yang mendapatkan makan dengan cukup dan teratur akan lebih mudah untuk terlelap tidur di malam hari. Perut yang lapar tentu akan dengan mudah membangunkan bayi dari tidur nyenyaknya. Oleh karena itu, Bunda jangan lupa mencukupi kebutuhan makan si kecil sebelum ia tidur.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading