Sukses

Parenting

Jangan Berikan Makanan Ini Pada Bayi Anda

Bunda sekalian, memberi makanan pada bayi diperlukan kecermatan serta kehati-hatian agar Anda tidak memberikan makanan yang tidak baik bagi si kecil. Tak jarang makanan atau minuman yang terlihat sehat dan baik bagi orang dewasa ternyata tidak baik untuk bayi.

Maka dari itu, sangat penting bagi Bunda untuk dapat memilih makanan apa saja yang akan diberikan pada bayi Anda. Tidak perlu bingung, Bun, karena berikut ini ada beberapa jenis makanan yang tidak baik bagi bayi dan sebaiknya dihindari untuk diberikan pada si kecil seperti yang telah dirangkum dari laman parents.com.

Minuman yang mengandung kafein
Kopi, teh, dan minuman bersoda merupakan beberapa jenis minuman yang mengandung kafein dan sebaiknya tidak diberikan pada buah hati Anda yang masih bayi. Kafein tentu tidak baik untuk pencernaan bayi yang masih belum berkembang dengan sempurna. Selain itu, Bunda tidak ingin bukan tidak bisa istirahat karena si kecil terjaga semalaman?

Buah-buahan dalam jumlah banyak
Buah memang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh buah hati Anda. Namun, terlalu banyak mengonsumsi buah bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi seperti misalnya diare. Oleh sebab itu, jika Bunda ingin memberikan buah pada si kecil, maka batasi pemberian buah tersebut hingga maksimal 4 ons per hari saja atau buah hati Anda mengalami diare.

Keju yang tidak dipasteurisasi
Keju yang berasal dari susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi berisiko mengandung bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan terutama pada bayi. Maka dari itu, ada baiknya Bunda memeriksa label keju untuk melihat apakah keju tersebut telah dipasteurisasi atau tidak. Teliti serta hati-hati sangat penting untuk menjaga kesehatan buah hati tercinta.

Ikan laut
Kerang laut, lobster, kepiting, dan udang berisiko memancing reaksi alergi pada bayi berusia di bawah 1 tahun. Apabila dalam keluarga Anda ada riwayat alergi ikan laut, maka sebaiknya hindari memberikan ikan laut sebelum bayi Anda berusia 2 tahun agar sistem imun tubuhnya menjadi lebih kuat.

Ikan laut yang mengandung merkuri
Ikan laut seperti ikan cucut, ikan hiu, serta ikan makarel merupakan jenis ikan laut yang tinggi akan kandungan merkuri. Merkuri merupakan salah satu zat berbahaya yang bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker. Maka dari itu, hindari memberikan jenis-jenis ikan laut yang tinggi akan merkuri pada bayi Anda dan bahkan pada Bunda sendiri.

Bunda sudah tahu kan makanan apa saja yang tidak baik untuk bayi Anda? Jadi, hindari memberikan makanan tersebut pada si kecil ya, Bun.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading