Sukses

Parenting

Hindari Memberikan Makanan Ini pada Si Kecil

Sebagai orang tua yang baik, Bunda tentu ingin memberikan semua yang terbaik untuk buah hati dan menghindari hal-hal yang buruk darinya. Termasuk dalam hal makanan, Bunda pasti ingin memberi si kecil makanan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak baik untuk tubuhnya.

Bagi Bunda yang memiliki bayi, Anda perlu mengenal apa saja makanan yang tidak baik untuk bayi sehingga Anda dapat menghindari memberikan makanan tersebut untuk si kecil. Untuk membantu Bunda sekalian, dilangsir dari situs parents.com, berikut ini ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh bayi Anda.

Susu sapi dan putih telur
Susu sapi dan putih telur dapat berisiko menimbulkan masalah pencernaan pada bayi berusia di bawah 1 tahun, seperti misalnya diare, mual, atau muntah. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga dapat berisiko menyebabkan eksim atau penyakit kulit pada bayi. Jadi, sebaiknya hindari memberikan kedua makanan tersebut pada bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun.

Makanan yang keras atau lengket
Makanan seperti marshmallow dan popcorn memiliki tekstur yang lengket dan keras sehingga dapat berpotensi menyebabkan buah hati Anda yang masih bayi tersedak. Oleh sebab itu, ada baiknya Bunda tidak memberikan makanan yang memiliki tekstur keras atau lengket pada si kecil untuk menghindari bayi Anda tersedak.

Sayuran mentah
Apabila Bunda ingin mengenalkan sayuran pada si kecil, maka ada baiknya Bunda memberikan sayuran yang telah dimasak untuknya. Hindari memberikan sayuran segar yang masih mentah seperti wortel pada bayi karena bisa membuatnya tersedak. Hindari pula memberikan buah-buahan dalam bentuk utuh seperti anggur yang dapat membuat bayi langsung menelannya sehingga ia nanti tersedak.

Kacang
Semua jenis kacang termasuk kacang tanah atau kacang kenari yang dalam bentuk utuh dapat berisiko membuat bayi Anda tersedak. Jika Bunda ingin mengenalkan kacang pada buah hati Anda yang masih bayi, Anda bisa mengoleskan selai kacang pada kue atau roti yang akan dikonsumsi oleh si kecil. Dengan demikian, Bunda bisa meminimalisir si kecil tersedak kacang.

Madu
Madu mungkin terdengar sebagai pilihan yang sehat untuk diberikan pada bayi. Namun, ketahuilah bahwa di dalam madu bisa terdapat spora botulism yang dapat menyebabkan botulism atau keracunan makanan pada bayi yang bahkan bisa berakibat fatal. Pencernaan bayi yang masih belum berkembang dengan baik tidak mampu membunuh spora tersebut sehingga sebaiknya Bunda tidak memberikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu kan makanan apa saja yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi Anda?

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading