Sukses

Parenting

Hindari Makanan Ini untuk Bayi di bawah 1 Tahun

Setiap bayi memiliki waktu yang berbeda untuk siap makan makanan padat. Meski pada umumnya sebagian besar bayi akan mulai makan makanan padat pada usia 4 – 6 bulan. Setidaknya sebelum usia 12 bulan pencernaan bayi sudah siap untuk menerima makanan padat.

Saat si kecil sudah mulai makan makanan padat, Bunda pun harus cermat memilih makanan apa yang akan diberikan pada si kecil terutama saat bayi Anda masih berusia di bawah 1 tahun. Salah memberikan makanan pada bayi tentu bisa menimbulkan masalah pencernaan pada si kecil.

Maka dari itu, sangat penting bagi Bunda untuk memilih mana makanan yang harus diberikan atau sebaiknya dihindari oleh si kecil. Nah, untuk membantu Bunda sekalian, berikut ini ada 3 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat bayi berusia di bawah 1 tahun seperti yang dikutip dari situs thebump.com.

Madu
Bunda mungkin ingin membuat makanan untuk si kecil menjadi lebih manis dan bernutrisi dengan tambahan sedikit madu. Well, sebaiknya buang jauh pikiran tersebut karena ternyata madu bukanlah pilihan yang tepat untuk bayi di bawah 1 tahun meski madu kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat.

Madu sering menjadi penyebab dari botulism atau keracunan makanan pada bayi yang dapat berakibat fatal. Pencernaan bayi yang berusia di bawah 1 tahun masih belum mampu membunuh spora botulism yang mungkin terdapat pada madu. Jadi, hindari memberikan madu hingga si kecil berusia 1 tahun.

Kacang
Bunda boleh saja mengenalkan kacang pada si kecil yang masih berusia di bawah 1 tahun asalkan dalam bentuk selai atau bentuk yang lebih lembut lainnya. Seperti misalnya mengoleskan selai kacang pada kue atau roti untuk buah hati Anda.

Hindari memberikan kacang, baik kacang tanah, kacang kenari, atau jenis kacang lainnya, dalam bentuk utuh untuk bayi yang masih di bawah 1 tahun. Kacang dalam bentuk utuh berisiko membuat bayi Anda tersedak. Bahkan ada yang menyarankan untuk tidak memberikan kacang dalam bentuk utuh hingga anak berusia 4 tahun.

Susu sapi
Bunda, ketahuilah bahwa pencernaan bayi masih belum mampu mencerna susu sapi dengan baik. Maka dari itu, para ilmuwan menyarankan untuk tidak memberikan susu sapi untuk bayi hingga ia berusia minimal 1 tahun.

Laktosa serta lemak susu sapi tidak mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang berusia di bawah 1 tahun sehingga tak jarang bayi mengalami diare karena pencernaannya masih belum siap mencerna susu sapi. Maka dari itu, memberikan ASI eksklusif akan sangat bermanfaat bagi buah hati Anda.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading