Sukses

Parenting

Alternatif Makanan Sehat untuk Balita

Bunda pasti sering dibuat pusing dengan banyaknya makanan tidak sehat yang beredar di sekitar buah hati Anda. Maksud hati ingin melarang si kecil makan makanan tidak sehat tersebut, apa daya Bunda tidak tega melihat si kecil yang merengek meminta makanan tersebut.

Salah satu cara untuk menghindari balita Anda meminta makanan yang tidak sehat adalah dengan memberikan alternatif pilihan makanan yang lebih sehat dan bergizi. Nah, berikut ini ada beberapa alternatif makanan sehat untuk balita seperti yang telah dirangkum dari laman babble.com.

Ubi jalar goreng
Rasa kentang goreng yang gurih tentu dapat membuat balita Anda menjadi ketagihan padahal kentang goreng tinggi akan kandungan sodium yang tidak baik untuk tubuh. Untuk menyiasati hal ini, Bunda bisa membuatkan ubi jalar goreng yang rasanya tidak kalah enak dan tentunya lebih bergizi. Bunda juga bisa memanggangnya agar sajian ini menjadi lebih sehat.

Air kelapa muda
Sudah bukan rahasia lagi jika balita suka minuman yang manis seperti minuman bersoda atau minuman kaleng. Padahal minuman kaleng tersebut tinggi akan kandungan gula dan kalori serta tidak memiliki banyak nutrisi penting. Maka dari itu, gantilah minuman manis untuk si kecil dengan air kelapa muda yang juga memiliki rasa yang nikmat dan tentu nutrisi yang lebih baik daripada minuman kaleng.

Olahan telur
Saat memberikan sarapan untuk balita Anda, ada baiknya Bunda tidak memberikan sereal sarapan untuknya. Sereal sarapan yang manis justru mengandung banyak gula, kalori, dan sedikit nutrisi penting. Sebagai alternatif menu sarapan, Bunda bisa menyiapkan berbagai olahan telur untuk si kecil, mulai dari telur dadar hingga telur burrito yang tentunya lebih sehat dan bisa membuat si kecil kenyang dalam waktu yang lama.

Sup sayur
Saat sedang malas memasak, Bunda pun tak jarang membuat sup kaleng atau sup siap saji yang lebih mudah dan cepat memasaknya. Meski terlihat sehat karena mengandung sayurang, sup siap saji tinggi akan kandungan sodium yang bisa mengganggu kesehatan si kecil. Maka dari itu, sebisa mungkin usahakan untuk membuat sup sayuran sendiri yang terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan.

Ayam panggang
Chicken nugget yang digoreng dan diselimuti oleh remah roti mengandung bahan pengawet serta kandungan lain yang kurang sehat untuk balita Anda. Sebagai alternatif pengganti chicken nugget untuk si kecil, pangganglah dada ayam yang dipotong dalam bentuk lucu supaya si kecil tertarik untuk memakannnya.

Daripada memberikan makanan yang tidak sehat untuk balita Anda, Bunda bisa memberikan alternatif makanan pengganti yang tentunya lebih bergizi.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading