Sukses

Parenting

7 Makanan Sehat untuk Bayi

Ketika si kecil sudah mulai makan makanan padat, Bunda tentu merasa senang karena sudah bisa memberikan berbagai variasi makanan untuknya. Namun, makanan yang diberikan tentu tidak boleh sembarangan supaya tubuh mungilnya tetap terjaga kesehatannya.

Nah, berikut ini ada 7 makanan yang baik untuk bayi terutama di masa awal ia mulai makan makanan padat. Yuk simak ulasannya berikut ini seperti yang telah dirangkum dari laman thebump.com.

1. ASI
Meski si kecil sudah mulai makan makanan padat, hal tersebut bukan berarti Bunda langsung menghentikan pemberian ASI padanya. Ketahuilah bahwa ASI adalah makanan yang paling baik di tahun awal pertumbuhan bayi. Melanjutkan pemberian ASI lebih dari satu tahun pun tetap baik dan bermanfaat untuk bayi.

2. Sereal tinggi zat besi
Bayi terlahir dengan zat besi alami dalam tubuhnya, tapi zat besi tersebut mulai berkurang saat ia mulai memasuki usia 6 bulan. Oleh sebab itu, Bunda perlu mengenalkan makanan yang kaya akan zat besi pada buah hati Anda. Salah satunya adalah sereal yang diperkaya dengan zat besi, seperti oatmeal.

3. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk dikenalkan pada bayi sejak dini karena alpukat kaya akan lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya yang baik untuk bayi. Selain itu, alpukat juga memiliki rasa yang manis serta tekstur yang lembut sehingga cocok untuk bayi.

4. Ubi jalar
Ubi jalar juga termasuk salah satu makanan yang sehat untuk bayi. Ubi jalar kaya akan beta karoten yang nantinya diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, kulit, dan melindungi bayi dari berbagai infeksi. Tekstur ubi jalar yang lembut juga disukai oleh bayi.

5. Daging
Daging ayam, daging sapi, atau daging kambing merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, daging tersebut juga kaya akan kandungan zat besi, vitamin B6, zinc, niacin, serta riboflavin. Untuk memberikan daging pada bayi, pastikan Bunda telah menghaluskannya sehingga si kecil mudah saat menelannya.

6. Buah bit
Buah bit merupakan sumber folic acid, potassium, serta beta karoten yang baik untuk kesehatan si kecil. Rasa buah bit yang manis juga disukai oleh bayi. Rebus buah bit dan tumbuk halus sebelum memberikannya pada si kecil.

7. Yogurt
Yogurt tanpa rasa merupakan pilihan yang baik untuk bayi Anda. Yogurt lebih mudah dicerna daripada susu sapi murni karena telah melalui proses yang membuat lemak susu berkurang dan laktosa telah diubah menjadi lebih sederhana.

Selamat memilih makanan yang baik untuk si kecil.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading