Sukses

Parenting

5 Makanan yang Tidak Baik untuk Balita

Bunda, merawat balita yang sedang dalam masa pertumbuhan tentu bukan perkara yang mudah. Salah satunya adalah memilih makanan yang sehat dan baik untuk tubuh kecilnya. Salah memberikan asupan untuk si kecil bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuhnya.

Maka dari itu, Bunda perlu mengenal apa saja makanan yang baik dan buruk bagi balita Anda. Nah, untuk membantu Bunda sekalian memilah asupan makanan yang baik dan buruk untuk si kecil, berikut ini ada 5 jenis makanan yang tidak baik untuk balita seperti yang dikutip dari situs livestrong.com.

Sereal sarapan
Meski berlabel mengandung biji-bijian utuh, sereal sarapan bisa saja hanya berisi kalori kosong, gula, dan sedikit serat. Maka dari itu, Bunda perlu memeriksa dengan baik kandungan sereal sarapan sebelum memberikannya untuk si kecil. Jika sereal sarapan tersebut ternyata tidak sehat, maka hindari memberikannya pada buah hati Anda atau sebaiknya tidak mengenalkannya pada sereal sarapan.

Hot dog
Hot dog dan berbagai jenis junk food lainnya telah diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Daging olahan di dalam hot dog mengandung nitrit, sodium, serta lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke. Selain itu, hot dog dan makanan junk food lainnya juga tidak mengandung gizi dan serat yang dibutuhkan balita Anda.

Chicken nugget
Chicken nugget sudah menjadi makanan yang biasa untuk bayi apalagi chicken nugget juga banyak menjadi menu di restoran cepat saji. Bunda, ketahuilah bahwa chicken nugget yang dijual bebas di pasaran termasuk di restoran cepat saji mengandung zat aditif dan bahan tambahan yang tidak sehat. Sebagai alternatif, Bunda bisa membuat chicken nugget yang sehat di rumah.

Snack rasa buah
Meski namanya mengandung label buah-buahan, snack rasa buah bukanlah pilihan yang sehat untuk balita Anda. Snack rasa buah mengandung gula yang tinggi, bahan pengawet, pewarna buatan, dan penambah rasa buah. Kandungan dalam snack buah rawan membuat balita menjadi ketagihan, menimbulkan masalah kesehatan, hingga merusak gigi balita Anda.

Minuman manis
Baik minuman bersoda, jus buah kaleng, dan minuman manis lainnya merupakan jenis asupan yang tidak sehat bagi buah hati Anda. Minuman ringan tinggi akan kandungan gula dan kalori kosong yang sangat tidak baik untuk kesehatan si kecil. Untuk balita di atas 2 tahun, berikan susu yang rendah lemak dan tanpa rasa serta jus buah yang terbuat dari 100 % buah segar.

Jadi, sudah siap memilihkan makanan yang sehat untuk si kecil? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading