Sukses

Parenting

Tips Puasa Sehat Untuk Ibu Menyusui

Ramadan adalah waktu untuk umat Islam berpuasa dari fajar hingga senja. Saat berpuasa Anda mempunyai beberapa pantangan yang diantaranya adalah untuk tidak makan dan minum. Hal ini dapat menimbulkan stres bagi tubuh, namun ini akan menjadi lebih stres bagi wanita hamil dan menyusui.

Meskipun Allah telah membebaskan beberapa orang untuk tidak melakukannya, seperti wanita hamil atau orang sakit, namun mereka diwajibkan untuk melaksanakan puasa segera ketika mereka sudah merasa mampu. Ibu menyusui juga mendapatkan pembebasan ini, namun ada beberapa ibu yang sudah merasa mampu untuk menjalani puasa di masa menyusui.

Berikut adalah beberapa tips berpuasa selama bulan Ramadan bagi wanita yang menyusui seperti yang dilansir oleh boldsky.com

  • Minuman. Perbanyak minum dan hindari kopi dan minuman berkarbonasi lainnya karena minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi karena kafein merupakan diuretik.
  • Kebiasaan Makan. Untuk ibu menyusui saat Ramadan hindari makanan pedas. Makan buah-buahan dan sayur sebanyak yang Anda bisa. Hindari produk susu karena hal ini memiliki kecenderungan produksi lendir yang akan mengentalkan cairan tubuh. Untuk menghasilkan ASI yang cukup, pastikan tubuh Anda terpelihara.
  • Kerja. Saat bulan Ramadan, ibu menyusui harus mencoba memasak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga pada malam hari. Mintalah bantuan anggota keluarga untuk mendukung dan membantu Anda. Berikan mereka alasan untuk Anda berpuasa agar hubungan keluarga Anda tetap baik. Cobalah untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin di dalam ruangan.
  • Doa. Pastikan Anda selalu berdoa karena hal itu akan membuat Anda tenang dan santai. Cobalah untuk tidak melakukan banyak pekerjaan pada siang hari dan isi siang Anda dengan berdoa. Tips puasa lain yang penting bagi Anda adalah ketika Anda marah atau kewalahan, cobalah berdoa untuk mendinginkannya.
  • Sistem Pendukung. Untuk semua ibu menyusui berpuasa, cobalah untuk mendapatkan sistem pendukung yang baik, berbicara dengan keluarga dan teman-teman. Cari tahu dari ibu yang sedang berpuasa bagaimana mereka menangani situasi. Bila Anda melihat ada orang lain melakukan hal yang sama, Anda akan merasa lebih baik dan akan ingin terus berpuasa. Selalu membiarkan orang tahu tentang perasaan Anda sehingga mereka akan dapat membantu Anda.

 

Ladies, itulah beberapa tips bagi ibu menyusui yang menjalankan puasa pada bulan Ramadan. Semoga dapat membantu Anda dan orang disekitar Anda!

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading